Selasa , 19 Januari 2021
Home / Breaking News / Seluma Juara 2 Tertib Adminduk

Seluma Juara 2 Tertib Adminduk

RAIH : Kabupaten Seluma meraih prestasi dalam ajang tertib adminduk di Provinsi Bengkulu.

SELUMA – Kabupaten Seluma yang diwakili Desa Bakal Dalam, Kecamatan Talo Kecil meraih prestasi yang membanggakan tahun ini. Kabupaten Seluma keluar sebagai juara 2 sebagai Desa Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) tingkat Provinsi Bengkulu.

Keberhasilan ini dikarenakan Kabupaten Seluma telah memenuhi seluruh target nasional kepemilikan dokumen kependudukan. Adapun target kependudukan tersebut meliputi KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kartu Idenditas Anak (KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Seluma, Hj. Irzani SIP M Si melalui Sekretaris Dinas, Dewi Ilmiawanti MAP mengatakan dalam lomba ini pihaknya mengirimkan perwakilan dari Desa Bakal Dalam yang sebelumnya meraih juara pertama di tingkat kabupaten.

Banyak indikator yang dinilai dari desa/kelurahan meliputi pelaporan tentang administrasi kependudukan masyarakat, baik yang buat baru, pindah atau laporan data warga yang sudah meninggal dunia. Indikator penilaian yang dilakukan pada desa adminduk ini, salah satunya desa tersebut selalu memberikan laporan data setiap warganya, persentase warga yang membuat atau mengurus adminduk baik KTP, KK, akta kelahiran dan lainnya. Dalam hal ini, Desa Bakal Dalam untuk capaian dokumen kependudukan telah mencapai 100 persen. Sehingga meraih juara pertama di tingkat kabupaten dan mewakili Kabupaten Seluma untuk lomba di tingkat provinsi dan meraih juara kedua.

“Ini adalah buah kerja keras kita semua, terima kasih kepada semua khususnya masyarakat di Seluma yang telah berperan aktif mewujudkan Seluma tertib adminduk,” sampainya.

Keberhasilan Kabupaten Seluma ini, lanjut Dewi, karena Kabupaten Seluma telah memenuhi seluruh target nasional kepemilikan dokumen kependudukan. Dokumen tersebut meliputi, KTP, KK, akta kelahiran dan KIA.

Kabupaten Seluma juga telah melampaui target nasional. Bahkan, pada tahun ini target kepemilikan KIA sendiri menjadi yang tertinggi di Provinsi Bengkulu dan masuk dalam peringkat 6 nasional. Dewi menambahkan, tahun sebelumnya Kabupaten Seluma juga meraih juara 1 di ajang yang sama. Namun demikian dengan prestasi yang diraih di tahun 2020 ini tetap membanggakan. “Tahun ini kita tetap bangga karena telah melampaui target nasional,” ucap Dewi.

Dewi juga berharap, dengan adanya penilaian adminduk ini setiap tahunnya bisa memberikan motivasi atau acuan agar ke depan desa/kelurahan lainnya yang ada dapat lebih baik lagi terkait tertib administrasi kependudukan di desanya. Dimana apresiasi itu diberikan agar merangsang semangat para petugas di tingkat desa/kelurahan serta masyarakat setempat untuk berlomba lomba melengkapi administrasi kependudukan di wilayah masing-masing. “Kita harap kedepan semakin membaik dan masyarakatnya semakin tertib dalam Adminduk,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Seluma, H. Bundra Jaya SH MH sangat mengapresiasi prestasi ini. Dirinya berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi Disdukcapil Seluma khususnya dan OPD lainnya di lingkungan Pemkab Seluma. “Saya sangat apresiasi ini. Semoga ini dapat diikuti oleh OPD lainnya, mengangkat nama Kabupaten Seluma di tingkat provinsi hingga nasional,” jelas Bupati.(cup/prw)

Berita Lainnya

Harus Bekerja di Luar Standar

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian memanggil seluruh  pejabat Dinas Pendidikan terkait …

%d blogger menyukai ini: