Minggu , 24 Januari 2021
Home / Breaking News / 129.707 Lebar Surat Suara  ke Mukomuko

129.707 Lebar Surat Suara  ke Mukomuko

SIMULASI: Pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS di Desa Cinta Asih, Kecamatan Air Rami yang tetap mengedepankan prokes pencegahan penularan Covid-19.

MUKOMUKO –  Surat suara sebanyak 129.707 lembar untuk Kabupaten Mukomuko, tuntas dicetak. Terdiri 127.707 lembar surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Serentak tahun ini. Kemudian 2.000 lembar surat suara, disiapkan sebagai surat suara cadangan.

Kini ratusan ribu lembar surat suara tengah dalam perjalanan. Dengan perkiraan, Kamis (26/11) surat suara sudah tiba di Kabupaten Mukomuko. “Jika mulai dikirim sore ini (24/11), diperkirakan Kamis (26/11) surat suara tersebut sudah tiba di Mukomuko. Pagi ini masih proses pengepakan. Diperkirakan sore ini sudah mulai dikirim ke Kabupaten Mukomuko. Ini bersamaan dengan surat suara Pilkada Provinsi dan beberapa kabupaten lainnya,” kata Irsyad.

Pengiriman surat suara melalui jalur darat. Oleh sebab itu, dilakukan pengawalan langsung oleh pihak kepolisian. Setelah itu, nantinya tiba di Kabupaten Mukomuko juga tetap dikawal oleh tim dari Polres Mukomuko. “Setelah surat suara tiba, langsumg dilakukan proses penyortiran dan pelipatan yang akan dilakukan petugas. Ada petugas khusus yang disiapkan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada Mukomuko,” terang Irsyad.

Dalam proses pelipatan tetap akan diawasi ketat oleh jajaran Bawaslu Mukomuko dan pihak keamanan.  Untuk berapa lama selesai surat suara di sortir dan di lipat, menurut Irsyad tergantung dengan jumlah petugas yang nantinya dilibatkan.

Sementara itu KPU Mukomuko sukses menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Serta penggunaan Sirekap di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Simulasi dilaksanakan di Desa Cinta Asih, Kecamatan Air Rami. Pilihan kita di sana karena Desa Cinta Asih memiliki DPT terbanyak se-Kabupaten Mukomuko. Alhamdulillah pelaksanaan sukses dengan menjalankan prosedur protokol kesehatan,” demikian Irsyad.(hue)

Berita Lainnya

Usai Demo, Nelayan Pulau Baai Akan Dimediasi Polda Bengkulu Senin Mendatang

BENGKULU – Setelah melakukan pemblokadean arus lalu lintas di kawasan jalan Simpang Kandis Kampung Melayu …

%d blogger menyukai ini: