Jumat , 22 Januari 2021
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 2020, Kasus Malaria Nihil

2020, Kasus Malaria Nihil


FOGGING: Pencegahan malaria dan DBD oleh Dinkes Bengkulu Selatan. (Foto RIO/RB)

KOTA MANNA – Dinas Kesehatan (Dinkes) BS melaporkan selama tahun 2020 ini kasus malaria nihil atau tidak ada kasus di 11 kecamatan di wilayah BS. Namun demikian, Dineks tetap membagikan kelambu pada warga empat kecamatan yakni Pasar Manna, Ulu Manna dan Air Nipis.

Kabid P2P Dinkes Ns.Elfa Sari M.Kes didampingi Penanggungjawab Program Malaria Dinkes BS, Delly Ferawati S.KM menyebutkan selama tahun 2019 hanya ada empat kasus malaria di 142 desa dan 16 kelurahan. Oleh sebab itu pihaknya tetap membagikan 70 kelambu dari kementerian pada warga yang terkenda penyakit malaria itu, meski selama tahun 2020 ini kasus malaria nihil.

Adapun pembagian kelambu sebagai pencegahan terhadap warga yang terdampak yakni diserahkan ke warga di tiga desa dan satu kelurahan yang tercatat ada kasus malaria tahun 2019 lalu. Yakni, Desa Bandar Agung, Kecamatan Ulu Manna, Desa Suka Maju dan Desa Suka Negeri, Kecamatan Air Nipis serta Kelurahan Padang Sialang, Kecamatan Pasar Manna.

Ditambahkan Delly, dengan adanya bantuan kelambu, diharapkan ke depan, tidak ada lagi warga di empat lokasi tersebut yang terserang malaria. Selain itu tetap jaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk penyebab malaria. Selain itu, ia juga mengajak warga untuk waspada Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Tidak ada kasus malaria selama tahun 2020, tapi pada masyarakat tetap jaga kebersihan dan lingkungan penyebab malaria,” terang Elfa.

Kendati demikian, 14 Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan BS diminta rutin memantau warga. Apabila ada kasus malaria, harus cepat disampaikan untuk pencegahan. “Kalau ada cepat lapor ke Dinkes atau puskesmas terdekat,” imbau Elfa.(tek)

Berita Lainnya

Usai Tetapkan Nahkoda, Polda Kembali Tetapkan Pemilik Kapal Trawl Sebagai Tersangka

BENGKULU – Polda Bengkulu kembali menetapkan tersangka kasus atas dugaan tindak pidana melakukan penangkapan ikan …

%d blogger menyukai ini: