Minggu , 24 Januari 2021
Home / Daerah / Curup Pos / 359 Surat Suara Rusak

359 Surat Suara Rusak

KEMAS: Petugas dari KPU Kabupaten RL mulai melakukan proses pengemasan setelah selesai melakukan sortir dan lipat di gudang logistik. (Foto Wanda/rb)

CURUP – Proses penyortiran dan pelipatan Surat Suara (SS) Pilkada Bupat dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Rejang Lebong (RL), kemarin tuntas 100 persen. Dari hasil tersebut, diketahui setidaknya ada 359 SS yang dinyatakan rusak dan akan segera diganti. Seperti yang disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten RL Drs. Restu Satrio Wibowo melalui Kasubbag Umum Sekretariat KPU Kabupaten RL Riko Saputra, SE kemarin.

Dijelaskan Riko, proses penyortiran dan pelipatan surat suara sudah selesai sejak Senin (23/11) malam lalu. Kemarin mereka mulai melakukan proses pengemasan logistik seperti SS, tinta, pena dan logistik lainnya ke dalam kota suara untuk Pilkada Bupati-Wabup masing-masing wilayah.

‘’Total keseluruhan yang ditemukan SS rusak mencapai 359 lembar selama tiga hari proses sortir dan pelipatan yang kit laksanakan kemarin. Hari pertama ditemukan ada 40 lembar, hari kedua 47 lembar dan hari ketiga kemarin (Senin, red) sebanyak 272 lembar SS yang dalam kondisi rusak,’’ rinci Riko.

Temuan surat suara yang rusak tersebut, sambung Riko, akan segera ditindaklanjuti dengan mengajukan penggantian ke percetakan secepatnya. Agar jangan sampai nantinya menggangu proses pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Jumlah surat suara Pilkada Bupati-Wabup sendiri sampai dengan jumlah cukup sesuai dengan daftar mata pilih.

Masing-masing, lanjut Riko, total keseluruhan sebanyak 200.577 lembar SS. Rinciannya, berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten RL sebanyak 193.462 lembar, ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan dan 2.000 lembar surat suara untuk pemilihan ulang. ‘’Kita masih menunggu logistik SS dan beberapa logistik lainnya yang kemungkinan akan sampai beberapa hari kedepan,’’ demikian Riko.(dtk)

Berita Lainnya

Satresnarkoba Amankan 36 Batang Ganja

CURUP – Kamis (21/1) malam Tim gabungan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba), Satuan Intelkam dan Polsek …

%d blogger menyukai ini: