Minggu , 24 Januari 2021
Home / Breaking News / Terkendala Prokes, Offroad Dibatalkan

Terkendala Prokes, Offroad Dibatalkan

Eddy ramlan

PELABAI – Para penghobi olahraga Offroad harus berbesar hati. Event Swarang Bhayangkara Adventure (SBA) di Kabupaten Lebong yang rencananya digelar Desember, dibatalkan. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong membatalkan agenda promosi daerah itu karena terkendala protokol kesehatan (prokes).

Pembatalan SBA itu menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang melarang setiap acara mengundang orang banyak. ‘’Dari pada nanti berurusan dengan Satuan Tugas Covid-19, kami dari Disparpora memilih membatalkan acara itu demi keselamatan orang banyak,’’ kata Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Sementara 1 event lainnya, yakni funbike Tour De Lebong (Tole) tetap akan dilaksanakan. Agar tidak menabrak Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, pelaksanaan Tole akan digelar secara virtual. ‘’Mohon dimaklumi. Terpaksa ini harus dilakukan karena kami tidak ingin dianggap menentang kebijakan pemerintah,’’ terang Eddy.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, Pemkab Lebong menyiapkan dana Rp 300 juta untuk pelaksanaan kedua event itu. Namun dengan dibatalkannya SBA, Disparpora masih mencari event pengganti yang juga bertajuk promosi daerah. ‘’Kalau memang tidak terkejar lagi, dananya akan kami kembalikan ke kas daerah,’’ jelas Eddy.

Diakuinya, pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap realisasi ajang festival daerah yang sudah dirancang Disparpora untuk tahun 2020. Dari 16 event festival yang dirancang, baru 2 festival yang dilaksanakan. Yakni Festival Lebong Ken-Durian dan Lebong Fishing Festival. ‘’Pembatalan kegiatan lainnya karena adanya kebijakan realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,’’ tutup Eddy.(sca)

Berita Lainnya

Usai Demo, Nelayan Pulau Baai Akan Dimediasi Polda Bengkulu Senin Mendatang

BENGKULU – Setelah melakukan pemblokadean arus lalu lintas di kawasan jalan Simpang Kandis Kampung Melayu …

%d blogger menyukai ini: