Jumat , 22 Januari 2021
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dukung Penuh Kegiatan Posyandu

Dukung Penuh Kegiatan Posyandu


BAHAS: Sekda Yudi Satria bersama OPD terkait bahas pentingnya Posyandu Rabu (25/11) (Foto RIO/RB)

KOTA MANNA – Sekda Bengkulu Selatan (BS) Yudi Satria, SE, MM meminta seluruh Organisiasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kepala Desa (Kades) mendukung penuh kegiatan Posyandu yang dinilai masih sangat penting. Dalam pertemuan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di Aula Bappeda, Rabu  (25/11).

Pada kesempatan tersebut Sekda meminta seluruh OPD terkait, termasuk Pemerintah Desa dan Kecamatan agar mendukung penuh kegiatan Posyandu di wilayah masing-masing. Sebab jelas Sekda, Posyandu merupakan garda terdepan dalam pembangunan yang tidak lepas dari peran pemerintah.

Disebutkan Yudi, Posyandu salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, bagi ibu, bayi dan anak balita.

“Posyandu ini merupakan program yang sudah ada sejak dulu, namun program ini masih sangat relevan, karena sangat bermanfaat. Terutama dalam bidang kesehatan,” jelas Sekda.

Untuk itu, Sekda meminta kepada seluruh OPD agar memaksimalkan layanan Posyandu. “Untuk memaksimalkan peran dan fungsi posyandu itu, tidak bisa satu OPD saja, tapi juga OPD lainnya, termasuk masyarakat. Camat dan Kades pun harus terlibat aktif. Karena Camat dan Kades ini yang punya wilayah,” ujar Sekda.

Selain Dinas Kesehatan, beberapa OPD yang berperan OPD yang juga harus terlibat aktif dalam Posyandu, diantaranya Dinas PMD, Bappeda, DPPKBP3A dan Kecamatan. Termasuk Organisasi Kemasyarakatan, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat dan Tim Penggerak PKK.

“Semuanya punya peran dan fungsi masing-masing untuk saling menguatkan dan mendukung pelaksanaan Posyandu,” demikian Yudi Satria.(tek)

Berita Lainnya

Usai Tetapkan Nahkoda, Polda Kembali Tetapkan Pemilik Kapal Trawl Sebagai Tersangka

BENGKULU – Polda Bengkulu kembali menetapkan tersangka kasus atas dugaan tindak pidana melakukan penangkapan ikan …

%d blogger menyukai ini: