Kamis , 28 Januari 2021
Home / Breaking News / Pilkada Sukses di Tengah Pandemi Covid-19, KPU dan Bawaslu Dapat Penghargaan DPD RI

Pilkada Sukses di Tengah Pandemi Covid-19, KPU dan Bawaslu Dapat Penghargaan DPD RI

PENGHARGAAN: DPD RI memberikan penghargaan kepada KPU dan Bawaslu atas penyelenggaraan Pilkada yang dinilai sukses. (foto: hasrul/rb)

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Provinsi baik tingkat provinsi mau kabupaten/ kota dinilai sukses menyelenggarakan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Atas hal itu, DPD RI mengapresiasinya dengan diberikannya piagam penghargaan.

Penyerahan langsung diberikan Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, SH, MH di Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Bengkulu, Padang Harapan Kota Bengkulu, Rabu (23/13) pagi. Dikatakan pria yang akrab disapa Bang Ken, ada beberapa penilaian yang dilakukan pada pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, ada beberapa kekhawatiran misalnya seperti tingkat kehadiran pemilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), bahkan partisipasi pemilih di Bengkulu justru di atas rata-rata nasional. Selain itu, juga dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) juga telah dilaksanakan dengan baik. Seperti pengaturan jarak saat di TPS, serta pengaturan jadwal pemilih untuk datang ke TPS.

“Atas suksesnya KPU dan Bawaslu menyelenggarakan Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu kita apresiasi dengan pemberian penghargaan,” ungkap Bang Ken.

Untuk penilaian sendiri, kata Bang Ken, tim ahli dari DPD RI turun langsung ke Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bengkulu. Berdasarkan penilaian tim ahli dari DPD RI tersebut pelaksanaan demokrasi di Bengkulu berjalan sukses dan baik.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, ada beberapa variabel yang menjadi penilaian diantaranya tingkat partisipasi pemilih yang awalnya dikhawatirkan rendah karena pada hari H pencoblosan Bengkulu dilanda hujan deras, namun kenyataannya justru partisipasi tinggi di atas angka rata-rata nasional.

Kemudian, tingkat kepatuhan masyarakat Provinsi Bengkulu yang datang memilih ke TPS dengan menerapkan prokes. Bahkan, tidak ada satu pun laporan berkaitan dengan pelanggaran prokes. Selanjutnya juga bahwa KPU dalam melaksanakan regulasi sesuai dengan aturan. “Keempat di Bengkulu tidak ada isu SARA baik itu agama, ras dan sebagainya sehingga pelaksanaaan semuanya berjalan baik dan lancar,” ungkap Darlinsyah.

Penyerahan piagam penghargaan sendiri dilakukan Bang Ken kepada para komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Bengkulu maupun KPU dan Bawaslu Kabupaten/ Kota. (zie)

Berita Lainnya

Motor Curian Dijualkan Rp 1 Juta untuk Mabuk-mabukan

BENGKULU – Timsus Opsnal Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Bengkulu berhasil membekuk tiga tersangka Curanmor masing-masing …

%d blogger menyukai ini: