Minggu , 13 Juni 2021
BANNER


BANNER
Home / Bengkulu Raya / Mukomuko / LPj DD dan ADD Terbakar, Polisi Lakukan Pemeriksaan
BANNER

LPj DD dan ADD Terbakar, Polisi Lakukan Pemeriksaan

TERBAKAR: Buku berisi LPj DD dan ADD Desa Mekar Mulya, terbakar.

PENARIK – Kejadian hanya terbakarnya berkas Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Mekar Mulya, Kecamatan Penarik menimbulkan tanda tanya. Karena kejadian yang terjadi pada Senin (28/12) sore itu, api hanya berhasil membakar dokumen LPj keuangan DD dan ADD saja.

Guna menjawab rasa penasaran warga, dan tidak berkembang ke berbagai dugaan yang dapat merugikan pemerintah desa, Polsek Penarik Raya melakukan pemeriksaan. Sebagaimana dikata Kapolres Mukomuko, AKBP. Andy Arisandi, SH., S.IK, MH melalui Kapolsek Penarik Raya, Ipda. M. Tri Qadlaya, SH.

“Kami akan melakukan pemeriksaan lagi. Karena saat anggota mengetahui dan datang ke TKP pascakejadian, sudah malam hari,” kata Tri.

Kejadian itu baru diketahui sekitar pukul 17.00 WIB. Diinformasikan telah terjadi kebakaran berkas LPj Keuangan DD dan ADD yang tersimpan di Almari Arsip di dalam Kantor  Desa Mekar Mulya. Kejadian itu cepat diketahui oleh Staf Tata Usaha, Keuangan dan Logistik Pemilihan Pemdes Mekar Mulya, M. Khoirul Amin (26) dan Penjabat Kades Mekar Mulya, Yuliana (40).

Saat itu Khoirul Amin masih bekerja. Ia lembur karena menyelesaikan pekerjaan LPj Keuangan DD dan ADD. Sekitar pukul 15.30 WIB ia pergi salat Ashar di Masjid yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi Balai Desa.

Ia tidak menaruh curiga, sehingga pergi tanpa mengunci pintu depan. Pintu tersebut hanya ditutup. Sekembalinya dari masjid dan masuk ruangan, ia mendapati adanya kepulan asap yang bersumber dari almari arsip di bagian bawah. Ia pun dengan cekatan membuka pintu almari dengan cara ditendang. Didapati muncul kobaran api. Spontan, ia keluar mengambil air di toilet untuk memadamkan api.

Api berhasil dipadamkan. Kemudian ia pun melaporkan kejadian tersebut ke Penjabat Kades melalui sambungan telepon. “Menurut keterangan saksi, sumber api belum diketahui. Akan tetapi ada kabel sumber arus yang masuk ke dalam almari, yang tertindih arsip data rak. Kabel itu sebagai sumber arus untuk kipas angin. Jadi sekarang ini kita masih meminta keterangan saksi-saksi dan mengumpulkan alat bukti,” demikian Kapolsek.

Mengenai sempat menimbulkan pertanyaan, wajar. Karena diperoleh informasi sebelum kejadian itu, LPj keuangan DD dan ADD desa akan diperiksa Inspektorat Daerah (Ipda) Mukomuko, hari ini (30/12).

Sejauh mana kebenaran informasi itu, Inspektur Ipda Mukomuko, Sukiman, SP mengatakan dirinya belum mendapat laporan prihal ada berkas LPj Keuangan DD dan ADD di Desa Mekar Mulya, terbakar. Selain itu ia juga belum dapat memastikan apakah Desa Mekar Mulya masuk menjadi salah satu sampling pemeriksaan dari Inspektorat. “Saya belum tahu, belum ada laporan,” kata Sukiman. (hue)

 

Berita Lainnya

Tanpa Lampu Motor, Pemuda Tabrak 2 Buruh dan Mobil Taft

  MUKOMUKO – Akibat tidak dilengkapi lampu penerangan, motor Yamaha Jupiter Z tanpa nomor kendaraan, …

%d blogger menyukai ini: