Selasa , 19 Januari 2021
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Warga Positif Covid Dapat Bantuan Beras

Warga Positif Covid Dapat Bantuan Beras

BANTUAN: Dinas Ketahanan Pangan BS menyalurkan bantuan beras ke warga yang terkena dampak pandemi Covid-19, Selasa (29/12). (Foto RIO/RB)

KOTA MANNA – Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) hingga saat ini masih menjadi wilayah yang belum lepas dari sebaran pandemi Covid-19. Untuk meringankan beban warga yang terpapar Covid-19, Dinas Ketahanan Pangan BS akan mendistribusikan cadangan pangan berupa beras sebanyak 6 ton pada tahun 2021 mendatang.

Pembagian beras bantuan ini akan didistribusikan kepada pasien dan keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan berstatus isolasi mandiri. Sebab dengan jumlah stok beras sebanyak 6 ton yang dimiliki, tidak cukup apabila harus dibagikan secara merata untuk masyarakat Kabupaten BS. Sehingga Dinas Ketahanan Pangan BS menetapkan kriteria khusus untuk penerima bantuan beras tersebut yakni pasien Covid-19 dan keluarga, serta warga yang memang tidak mampu atau berstatus rawan pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan BS, Iskandar AZ menjelaskan saat ini ada 26 pasien Covid-19 beserta keluarga yang sudah menerima bantuan beras dengan rincian per kepala keluarga menerima 40 kg beras. “Tetap dengan kriteria khusus, tidak semuanya dapat. Karena terbatasnya jumlah beras tersebut,” terang Iskandar.

Selain itu Dinas Ketahanan Pangan juga tak henti-hentinya mengingatkan agar warga di 11 kecamatan dan 158 desa/kelurahan bisa memanfaatkan lahan pekarangan sebagai kebun selama masa pendemi. Selain itu pemanfaatan kolam yang terbuat dari terpal juga sangat dianjurkan Dinas Ketahana Pangan.

“Setidaknya tidak lagi beli kebutuhan dapur kalau ada kebun di pekarangan, ditambah lagi kolam dari terpal. Contoh sudah banyak diajarkan oleh Dinas Ketahanan Pangan,” ujar Iskandar.(tek)

Berita Lainnya

Rawan Bencana, Tak Punya Alat Berat

PELABAI – Status Kabupaten Lebong yang masuk daftar daerah rawan bencana, tampaknya tidak dianggap suatu …

%d blogger menyukai ini: