Selasa , 15 Juni 2021
BANNER


BANNER
Home / Bengkulu Raya / Lebong / Baru 12 CPNS Koordinasi SIAP
BANNER

Baru 12 CPNS Koordinasi SIAP


KOORDINASI: Kabid IKP Diskominfo Lebong, Warles saat memaparkan SIAP. (Foto ARIS/RB)

PELABAI – Dari 98 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, baru 12 CPNS yang koordinasi masalah absensi. Yakni sinkronisasi data CPNS ke aplikasi sistem absensi pegawai secara elektronik (SIAP).

”Kepada CPNS yang belum koordinasi, kami harap segera koordinasi ke kami dalam minggu ini,” tegas Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong, Warles Fery, SE, M.Ak.

Pentingnya CPNS koordinasi ke Diskominfo, agar Diskominfo bisa membuatkan akun data pegawai setiap CPNS. Data itu diperlukan bagi CPNS untuk membuka aplikasi SIAP yang saat ini juga sudah tersedia di layanan smartphone. ”Caranya instal aplikasinya di layanan play store atau app store, selanjutnya kami buatkan password untuk setiap CPNS,” terang Fery.

Setelah semua CPNS melapor, baru petugas dari Diskominfo turun ke lapangan menginput data setiap CPNS ke dalam mesin finger spot yang sudah terpasang di seluruh unit kerja. Namun penggunaan absensi sidik jari maupun rekam wajah hanya diberlakukan kepada pegawai teknis dan kesehatan. ”Kalau tenaga guru absennya tetap manual di sekolah tempat mereka bertugas,” terang Fery.

Data CPNS sangat dibutuhkan Diskominfo karena tidak hanya berkaitan dengan absensi. Namun juga berkaitan dengan laporan kinerja yang juga menggunakan sistem elektronik, yakni Sistem Kinerja Pegawai (SIKAP). Aplikasi itu juga akan diintegrasikan ke Sistem Tambahan Penghasilan Pegawai (SITAMPAN).

”Laporan kehadiran dan kinerja akan menjadi dasar penghitungan besaran TPP (tambahan penghasilan pegawai, red) yang akan diterima CPNS,” tutup Fery.

Diketahui, 12 CPNS yang sudah koordinasi ke Diskominfo itu 10 CPNS yang bertugas di unit kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan 2 CPNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). (sca)

 

Berita Lainnya

Resahkan Masyarakat, Puluhan Juru Parkir Ilegal di Kota Bengkulu Diamankan Polisi

  BENGKULU – Polres Bengkulu menggelar razia aksi premanisme dengan sasaran parkir ilegal, termasuk di …

%d blogger menyukai ini: