Minggu , 17 Januari 2021
Home / Breaking News / Korban Covid-19 Terus Bertambah

Korban Covid-19 Terus Bertambah

YUSTISI: Kinerja garda terdepan penegakan aturan guna pencegahan Covid-19 ini mulai dipertanyakan. (Foto ARIS/RB)

AMEN – Kinerja Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong, patut dipertanyakan. Soalnya sampai saat ini sudah 39 warga Lebong dinyatakan positif Covid-19. Walaupun dari jumlah itu, 31 diantaranya dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong.

Penambahan itu menyusul keluarnya 13 sampel swab yang dikirim Pemkab Lebong ke Pemprov Bengkulu untuk diuji di laboratorium. Dari jumlah itu, 4 sampel dinyatakan positif Covid-19 dan 9 sampel negatif. ”Artinya Satgas harus kerja lebih ekstra guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, jangan terkesan hanya makan gaji buta,” ujar tokoh pemuda Lebong, Yan Effendi.

Salah satu tugas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong yang dinilainya tidak maksimal itu adalah petugas keamanan. Kerjanya hanya sebatas mengimbau dan mengancam saja. Dicontohkannya soal larangan pesta untuk menghindari kerumunan. ”Lihat sendiri masih ada saja warga yang melanggar, namun tak ada yang dibubarkan,” tukas Yan.

Terpisah, Kasubbid Surveiland dan Imunisasi, Dinkes Kabupaten Lebong, Donny Novriansyah, S.Kep, M.KM mengatakan, empat kasus baru itu berasal dari kalangan tenaga kesehatan. Yakni 3 tenaga kesehatan perempuan dan 1 tenaga kesehatan laki-laki yang saat ini sudah menjalani isolasi mandiri. ‘’Artinya sudah ada 39 pasien positif Covid-19 di Lebong, namun 31 pasien sudah sembuh,” kata Donny.

Untuk pencegahan penyebaran, pihaknya telah melakukan upaya penyelidikan epidemiologi. Baik ke keluarga pasien maupun orang yang sempat memiliki kontak fisik dengan pasien. ‘’Mereka yang sempat kontak dengan pasien akan diambil swab,” tukas Donny.(sca)

Berita Lainnya

Meski Telah Ada Vaksin, Wawali Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes 

BENGKULU – Saat ini Pemerintah Republik Indonesia telah melakukan upaya penanganan pencegahan penularan Covid-19 dengan …

%d blogger menyukai ini: