Rabu , 27 Januari 2021
Home / Breaking News / Rehab Rampung, Penggunaan Pelabuhan Kahyapu Enggano Tunggu Uji Sandar

Rehab Rampung, Penggunaan Pelabuhan Kahyapu Enggano Tunggu Uji Sandar

Darpinuddin

BENGKULU – Sempat mengalami kerusakan, Pelabuhan Kahyapu di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara akhirnya telah rampung dilakukan perehaban. Seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Drs. Darpinuddin, Selasa (12/1).

Darpin mengatakan, rehabilitasi berlangsung pada tahun anggaran 2020 lalu. Perehaban pelabuhan itu langsung dilakukan pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Bengkulu-Lampung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. “Kita juga baru tahu jika rehabilitasi pelabuhan Kahyapu itu, pada tahun lalu tetap dilakukan. Jadi kita sempat kaget juga,” kata Darpin pada wartawan, Selasa (12/1).

Dijelaskan Darpin, tahun lalu itu sempat dipersiapkan anggaran untuk pembangunan pelabuhan Kahyapu. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBN melalui BPTD Wilayah VI. Namun akibat pandemi Covid-19, DAK yang dipersiapkan itu dirasionalisasikan. Begitu juga yang bersumber dari APBN pada BPTD, tapi tidak seluruhnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, sisa dari rasionalisasi itulah, kemudian digunakan DPTD Wilayah VI merehab pelabuhan Kahyapu. “Untuk sementara ini belum bisa digunakan, karena harus dilakukan uji sandar dulu. Sebelum uji sandar, mekanismenya pihak BPTD Wilayah VI menyerahkan pada PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP dulu,” ungkapnya.

Pihaknya juga belum mengetahui pasti kapan uji sandar itu dilakukan. Namun untuk pastinya bisa berkoordinasi langsung, baik pada BPTD atau PT. ASDP. (zie)

Berita Lainnya

Klinik Pratama Kota Bengkulu di Jakarta Tunggu Izin Operasional

BENGKULU – Progres pembangunan gedung Klinik Pratama milik Kota Bengkulu di Jakarta yang merupakan salah …

%d blogger menyukai ini: