Selasa , 2 Maret 2021
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 474 Nakes Belum Divaksin

474 Nakes Belum Divaksin

SIAPKAN VAKSIN : Petugas vaksinator Dinkes BU saat menyiapkan vaksin sebelum disuntikkan. (Foto SHANDY/RB)

ARGA MAKMUR – Meski saat ini Pemkab BU sudah melakukan vaksinasi tahap kedua yang diawali oleh Bupati BU, Ir. H Mian Rabu lalu, namun masih ada 474 tenaga kesehatan (nakes) yang belum disuntik vaksin Covid-19 tahap pertama.

Tercatat total sebanyak 2.049 nakes yang seharusnya dilakukan vaksinasi tahap pertama. Namun hanya 1.575 nakes yang memenuhi syarat kesehatan yang bisa divaksin.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan BU, Ujang Ismail, SKM, M.Ph menuturkan 474 nakes tersebut rata-rata tidak bisa dilakukan vaksinasi lantaran tensi darah meningkat saat dilakukan pengecekan. Namun ada juga yang terkait dengan penyakit atau alergi sehingga diminta untuk disembuhkan lebih dulu.

“Khusus nakes yang hanya mengalami kendala tensi darah saat pengecekan, hampir setiap hari melakukan pengecekan. Jika dinyatakan siap, langsung dilakukan vaksinasi,” katanya.

Saat ini vaksinasi sudah bisa dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan termasuk di tempat tugas 474 nakes yang masih belum melakukan vaksinasi tahap I. Sehingga mereka yang akan melakukan vaksinasi tidak perlu datang ke RSUD. “Memang tidak membutuhkan waktu khusus. Di sela pekerjaannya, nakes bisa divaksin. Setelah divaksin, tidak ada dampak negatif khusus yang bisa mengganggu pekerjaan,” terang Ujang.

Selain itu, seluruh  nakes juga sudah didata langsung oleh Kemenkes untuk divaksin. Nakes yang sudah divaksin tahap kedua akan menerima sertifikat tanda sudah vaksin.(qia)

Berita Lainnya

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dilaksanakan 10 Maret

BENGKULU – Direncanakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan mulai dilaksanakan pada 10 Maret 2021 …

%d blogger menyukai ini: