Senin , 19 April 2021
Home / Breaking News / Kopkar Sejahtera Berhasil Surplus

Kopkar Sejahtera Berhasil Surplus

RAT: Kopkar Sejahtera PT Daria Dharma Pratama melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Minggu (28/2).(Foto PERI/RB)

MUKOMUKO – Ketangguhan koperasi berhasil ditunjukkan Koperasi Karyawan (Kopkar) Sejahtera PT. Daria Dharma Pratama (DDP). Meski dilanda pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2020, namun dengan manajemen yang kuat dan komitmen dari anggota, Kopkar Sejahtera tetap berhasil surplus dalam perolehan keuntungan usaha.

Dari target di tahun 2020 mendapatkan pendapatan Rp 694,6 juta, ternyata capaian pendapatan tembus Rp 870,4 juta. Naik hingga 125 persen atau surplus pendapatan hingga Rp 175,7 juta lebih. “Ini luar biasa, kita berhasil surplus pendapatan. Makanya di Rapat Anggota Tahunan (RAT) kali ini kita mengajak anggota menjadikan koperasi sebagai basis ekonomi kerakyatan di tengah ancaman Covid-19 dan ancaman resesi ekonomi dunia,” sampai Ketua Korkar Sejahtera, Samirana.

Kopkar Sejahtera PT. DDP menjalankan tiga unit usaha yang ketiga-tiganya berhasil surplus. Yakni Unit Usaha Simpan Pinjam (USP), berhasil membukukan pendapatan hingga Rp 515,3 juta. Surplus Rp 101 juta lebih, dari target hanya Rp 414,2 juta.

Kemudian dari Unit Usaha Warung Serba Ada (Waserda) surplus Rp 19,9 juta. Dengan total pendapatan Rp 150,1 juta. Meningkat 115 persen dari target hanya Rp 130,2 juta. Berikutnya Unit Usaha Kredit dan Spare Part, surplusnya capai Rp 54,7 juta. Dengan total pendapatan Rp 204,8 juta. Padahal target di tahun 2020 pendapatan di unit usaha ini hanya Rp 150,1 juta.

“Di Unit Usaha Waserda ini, perputaran modal kita sampai Rp 2,8 miliar. Sedangkan di Unit Usaha Kredit dan Spare Part, perputaran modalnya Rp 2,07 miliar. Terbesar perputaran modal di Unit USP sampai Rp 3,2 miliar lebih,” kata Samirana didampingi Sekretaris, Roslan Efendi.

Ia menambahkan, kekayaan bersih Kopkar Sejahtera PT. DDP saat ini, mencapai Rp 5,7 miliar. Terdiri simpanan pokok anggota Rp 14,04 juta, simpanan wajib anggota Rp 2,6 miliar, simpanan sukarela Rp 8,6 juta, dana yang disisihkan Rp 132,7 juta, dana pendidikan Rp 224,4 juta, dana sosial Rp 99,2 juta, dana cadangan Rp 2,1 miliar, dana karyawan Rp 169,5 juta dan sisa hasil usaha (SHU) 2020 sebesar Rp 274 juta lebih.

“Dalam RAT kali ini, kita menyediakan cukup banyak doorprize untuk anggota Kopkar Sejahtera PT. DDP. Dengan total mencapai Rp 52 juta,” tutup Samirana.

Hadir saat pembukaan RAT yang berlangsung di Kantor Pusat PT. DDP di Ipuh, selain General Manager PT. DDP Ir. Mawardi Noor TM, juga diantaranya hadir Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Mukomuko, Nurdiana, SE, M.AP, dan Camat Ipuh Sepradanur, S.Sos.

“Kita sangat apresiasi atas capaian dari Kopkar Sejahtera PT. DDP. Di tengah pandemi tetap bisa melaksanakan RAT dengan tetap mematuhi Prokes. Selamat atas capaian yang berhasil diraih,” kata Nurdiana.(hue)

Berita Lainnya

Listrik KPID Provinsi Bengkulu Nunggak Rp 6,8 Juta, “Dideadline” 20 April

  BENGKULU – Tunggakan listrik di kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu mencapai …

%d blogger menyukai ini: