Jumat , 2 Desember 2022
Home / Metropolis / Bengkulu Diguncang Gempa 5,2 SR, Warga Diimbau Tak Panik

Bengkulu Diguncang Gempa 5,2 SR, Warga Diimbau Tak Panik

Info Gempa

 

BENGKULU – Guncangan gempa sempat dirasakan di beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu Bengkulu sekitar pukul 11:13 WIB siang ini. Kepala stasiun geofisika kelas III Kepahiang BMKG Bengkulu Litman menyampaikan, berdasarkan hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukan gempa bumi ini memiliki magnitudo  5,2 Skala Richter (SR).

Kemudian diupdate menjadi magnitudo 4,9 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,6 LS dan 102,58 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 52 km. “Tidak Berpotensi Tsunami, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi,” kata Litman.

Kendati demikian, Litman mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dan harus menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbuhnya. (war)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …