Selasa , 4 Mei 2021
Home / Bengkulu Raya / Dewan Sarankan Ganti Pjs Kades Kemang Manis ,Buntut Protes DL Perangkat Desa ke Jakarta

Dewan Sarankan Ganti Pjs Kades Kemang Manis ,Buntut Protes DL Perangkat Desa ke Jakarta

BAHAS: Ketua DPRD BS Barli Halim bersama Komisi I dan OPD terkait membahas masalah kisruh di Desa Kemang Manis Kecamatan Pino Raya Senin (3/5) RIO/RB

KOTA MANNA – Laporan warga Desa Kemang Manis Kecamatan Pino Raya terhadap aksi dinas luar Pjs Kades Apran Muslimin bersama perangkat desa ke Jakarta beberapa waktu lalu, akhirnya direspon DPRD Bengkulu Selatan (BS). Hasil rapat Komisi I DPRD BS bersama OPD terkait, kemarin (3/5) meminta Pjs Kades segera diganti. Agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Ketua DPRD BS Barli Halim, SE mengatakan, jelang Pilkades 28 Juni ini situasi di desa harus kondusif dan jauh dari masalah antara warga. Untuk masalah warga dan Pjs kades, Barli berharap tidak larut dan berujung ke ranah hukum. Barli menilai, apa yang terjadi antara warga dan Pjs kades dapat diselesaikan apabila dilakukan rapat bersama kedua belah pihak.

Namun yang paling tepat, Barli menyarankan, pihak pemerintah daerah segera mengevaluasi dan mengganti Pjs kades tersebut. Karena cara ini jelas Barli paling tepat.

“Segera ganti Pjs Kades nya. Karena masyarakat meminta dan selama ini masyarakat menganggap Pjs banyak menimbulkan keresahan. Sebaiknya diganti,” kata Barli usai rapat bersama Komisi I dan OPD terkait.

Senada disampaikan Ketua Komisi I Yurdanil, ia meminta jangan ada keresahan dan kegaduhan di Desa Kemang Manis. Antara Pjs Kades dan warga diharapkan duduk bersama menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan saran untuk pergantian Pjs salah satu solusi yang tepat. Apalagi sebentar lagi pilkades yang dilakukan 127 desa di 11 kecamatan BS.

Untuk itu Yurdanil meminta pihak Pemda BS dapat menyelesaikan masalah ini, apalagi warga sudah mengadu ke Inspektorat dan DPRD BS, bukti bahwa antara warga dan pemerintah sudah tidak akur.

“Yang jelas secepatnya ini diselesaikan, kalau tidak ini dapat terjadi dengan desa lainnya. Jadi Pemda cepat ambil sikap,” ujar Yurdanil.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten BS Hamdan Syarbaini mengungkapkan, pihaknya telah meminta camat untuk menenangkan warga agar tidak gaduh dengan pemerintahan desa saat ini.

Usulan dewan agar Pjs diganti, Hamdan mengaku siap menjalankan saran tersebut. Bahkan pergantian tidak menyalahi aturan dan sebagainya. Artinya, Pjs Kemang Manis akan diganti agar kondusiftivitas desa kembali terjadi. “Yang penting pak camat saya pinta segera menenang didesa memberian informasi, bahwa pengaduan keberatan masyarakat sekarang sedang diproses khusus oleh inspektorat. Nanti apa hasil laporan akan dipantau komisi I,” jelas Hamdan.

Untuk diketahui, adanya kisruh masyarakat Desa Kemang Manis dan Pjs kades bermula saat Pjs kades dan perangkat desa melakukan DL ke Jakarta beberapa waktu lalu. Masyarakat menganggap apa yang dilakukan Pjs kades tersebut hanya menghabiskan anggaran sedangkan kebutuhan desa dan warga banyak yang belum terpenuhi. Hal inilah memicu warga marah dan melapor ke dewan dan Inspektorat.(tek)

Berita Lainnya

Identifikasi Seluruh Jabatan untuk Penyederhanaan Birokrasi

BENGKULU – Rencana penyederhanaan jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Bengkulu terus dilakukan. Asisten III …

%d blogger menyukai ini: