Home / Metropolis / Jelang Lebaran Pusat Perbelanjaan Ramai Pengunjung, Dinkes Ingatkan Jangan Berkerumun

Jelang Lebaran Pusat Perbelanjaan Ramai Pengunjung, Dinkes Ingatkan Jangan Berkerumun

PADAT PENGUNJUNG: Kondisi salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bengkulu ramai dipadati pengunjung pada hari libur, Sabtu malam (1/5). (Foto: Cinny/RB)

 

BENGKULU – Beberapa hari terakhir pusat perbelanjaan di Kota Bengkulu ramai dikunjungi warga dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Warga beramai-ramai mendatangi toko pakaian, mal, pasar untuk membeli baju baru dan persiapan lebaran lainnya. Diprediksi kondisi ini masih akan terjadi hingga mendekati lebaran, terutama pada saat hari libur kerja.

Menindaklanjuti ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu Susilawaty mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Yaitu menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan karena berpotensi terjadi penularan Covid-19.

Pihaknya juga mengingatkan agar pengelola pusat perbelanjaan seperti mal, pasar tradisional modern dan pemilik toko untuk juga mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dalam rangka mencegah dan menekan kasus Covid-19 di Kota Bengkulu. “Kalau masih terjadi pelanggaran bisa saja nantinya akan ditutup operasionalnya oleh Walikota Bengkulu, saya yang ngeliat Mall itu aja udah sesak,” kata Susilawaty.

Jelang lebaran kondisi jalur bagi pengunjung yang datang ke mal lebih sempit dibandingkan ruang yang disediakan bagi para pedagang, karena ruangan yang ada lebih banyak diberikan kepada pedagang. “Kemakan sama jalur pedagang. Makanya kami minta pengelola pusat-pusat perbelanjaan mengatur ruang yang memadai untuk pengunjung. Agar tidak terjadi kerumunan di pusat perbelanjaan,” tambah Susilawaty

Susilawaty menambahkan, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 memerlukan kerjasama yang baik antara penjual, pembeli serta pengelola pusat perbelanjaan untuk memberikan rasa aman ketika berbelanja. “Itu juga jadi fokus utama Pemerintah Kota Bengkulu untuk menjamin rasa aman bagi masyarakat,” pungkasnya. (cw1)

Berita Lainnya

PPD Bappenas: Provinsi Bengkulu 3 Besar Nasional

BENGKULU – Pemprov Bengkulu kembali raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Bappenas 2021 kategori terbaik ke-3. …

%d blogger menyukai ini: