Jumat , 7 Mei 2021
Home / Uncategorized / pendidikan / Pengajaran Pendidikan Karakter Bisa Menggunakan Video Animasi
BANNER




BANNER

Pengajaran Pendidikan Karakter Bisa Menggunakan Video Animasi

INOVASI: Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan terkait inovasi pembelajaran yang dilakukan Dinas Dikbud, kemarin (3/5).FOTO: ARIE/RB

KEPAHIANG – Banyak cara yang bisa dilakukan lembaga pendidikan atau tenaga pengajar, dalam menyampaikan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah di tengah pandemic Covid-19 saat ini. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan video animasi untuk menunjang mata pelajaran, khususnya pendidikan karakter yang diajarkan di sekolah.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd disela-sela kegiatan Diseminasi Aksi Perubahan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi SD dan SMP di Kabupaten Kepahiang, yang digelar di aula Dinas Dikbud kemarin (3/5).

Hartono mengatakan, di masa sulit pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak hanya aspek kesehatan dan perekonomian saja yang terkena imbasnya, melainkan juga dunia pendidikan. Sudah hampir setahun lamanya, proses pembelajaran harus dilakukan jarak jauh atau secara daring. Dan hal tersebut tentunya menimbulkan polemik tersendiri, khususnya pendidikan karakter bagi peserta didik.

“Kondisi pandemi saat ini memaksa kita untuk terus berinovasi untuk peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya adalah, bagaimana nantinya guru-guru mempunyai alat atau bahan yang menarik seperti penggunaan video animasi untuk mengajarkan pendidikan karakter, sehingga mudah dipahami dan ditangkap oleh siswa-siswi dalam kegiatan belajar mengajar,” terang Hartono.

Hartono mengatakan, kualitas karakter merupakan salah satu aspek untuk membangun Generasi Emas dimasa mendatang. Nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Pendidikan ini harus mulai kita ajarkan hingga menjadi suatu budaya dan karakter bangsa Indonesia.

“Aksi Perubahan Pendidikan Karakter sebab hal ini sesuai dengan PP dimana situasi masih terjadi pandemi covid-19, Namun pelajar (siswa siswi) tetap dan wajib untuk menerima materi pelajaran, salah satu solusi pendidik adalah dengan memberikan materi melalui daring. Nantinya Dinas Dikbud melalui Bidang Dikdas akan melatih para tenaga pendidik untuk dapat menguasai berbagai macam program animasi maupun YouTube ” ujar Hartono.

Pantauan RB, kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan  penularan Covid-19 dan turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono.Mpd., Asisten Bupati Hera Aryani, S. Sos, Kabid Dikdas Dikbud Nining Pawely Pasju, S. Pt., Kabid PlS Suryani, S.Pd., Kabid Pembina Ketenangan Zikrullah, S.Pd., dan 50 peserta dari beberapa perwakilan guru SD dan SMP se-Kabupaten Kepahiang. (sly)

BANNER


BANNER

Berita Lainnya

Politeknik Imigrasi, Jadi Sekolah Dinas Paling Diincar

BERDASARKAN  data terbaru pendaftaran CPNS 2021 sekolah kedinasan per 30 April pukul 22.33 WIB, pelamar …

%d blogger menyukai ini: