Jumat , 11 Juni 2021
BANNER


BANNER
Home / Berita Utama / Kebun Karet Lolos Replanting, Lacak Aliran Dana, Pejabat Dinas TPHP Diminta Klarifikasi di Kejati
BANNER



BANNER

Kebun Karet Lolos Replanting, Lacak Aliran Dana, Pejabat Dinas TPHP Diminta Klarifikasi di Kejati

KLARIFIKASI: Kabid Perkebunan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Iskandar saat mendatangi Kejati Bengkulu untuk memenuhi panggilan klarifikasi. (foto: ist/rb)

 

BENGKULU – Rekomendasi Dinas Perkebunan terkait pelaksanaan replanting di Desa Kinal Jaya Bengkulu Utara (BU) sepertinya benar-benar bermasalah. Dugaan jika Disbun menyetujui usulan replanting kelapa sawit pada perkebunan karet.

Sedangkan dalam juknis pelaksanaan program replanting adalah penanaman ulang kebun kelapa sawit milik masyarakat yang sudah tidak produktif lagi. Nyatanya, Disbun justru menyetujui perkebunan karet untuk mengikuti program replanting tersebut.

Kades Kinal Jaya Sarwan Doyo mengakui jika memang beberapa lahan warga yang diajukan ke program replanting dan disetujui atau lolos verifikasi Disbun tersebut adalah perkebunan karet. Termasuk 42 hektare lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Julang Oca Permana (JOP).

BACA JUGA: 343.349 KIA Dicetak, Capaian KIA di Bengkulu di Atas Nasional

“Memang perkebunan karet, 42 hektare itu perkebunan karet warga yang memang sudah 15 tahunan. Jadi memang kebun karetnya tidak produktif lagi,” katanya.

Terkait hal itu, Kadis Perkebunan Ir. Buyung Azhari mengakui jika replanting adalah untuk perkebunan kelapa sawit. Bahkan saat telah dilaksanakan perkebunan juga tidak boleh dibuat kebun sela atau digandeng dengan tanaman lain yang juga mayoritas. Baca Selanjutnya >>>

BANNER


BANNER


BANNER


BANNER

Berita Lainnya

Balita Tewas di Tangan Ibu Kandung, Penuh Lebam, Sering Terdengar Tangisan, De: Cuma Emosi Sesaat Saja

  NAPAL PUTIH – Kematian AS balita 4 tahun warga Desa Tanjung Kemenyan Kecamatan Napal …

%d blogger menyukai ini: