Jumat , 11 Juni 2021
BANNER


BANNER
Home / Metropolis / Pemkot Bengkulu Usulkan 1.000 Unit LPJU di APBD-P
BANNER



BANNER

Pemkot Bengkulu Usulkan 1.000 Unit LPJU di APBD-P

LPJU: Area Kawasan Danau Dendam Tak Sudah menjadi salah stau titik lokasi yang akan dipasang LPJU oleh Dishub Kota Bengkulu. (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Guna memenuhi kebutuhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Bengkulu, Dinas Perhubungan (Dishub) kembali mengusulkan anggaran untuk pengadaannya di APBD-Perubahan nanti. Dishub Kota Bengkulu berencana mengusulkan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk pengadaan 1.000 unit lampu.

Mengingat kebutuhan ideal lampu jalan di Kota Bengkulu masih belum mencukupi karena dari 31.000 unit yang dibutuhkan dan baru tersedia sebanyak 13.789 unit saja. Tak hanya anggaran pengadaan unit lampu baru, Dishub Kota Bengkulu juga berupaya melakukan perbaikan secara bertahap terhadap LPJU yang mengalami kerusakan.

“Iya kan anggarannya kemarin dipangkas, jadi kita akan kembali usulkan, sudah disampaikan kemarin ke dewan dan katanya siap membantu,” ujar Kepala Dishub Kota Bengkulu, Drs Bardin.

Bardin mengatakan, anggaran tersebut diusulkan kembali untuk melakukan pengadaan sekitar 1.000 unit lampu yang akan dipasang disejumlah kawasan. Beberapa kawasan itu seperti di Jalan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), kawasan Bentiring, dan kawasan lainnya termasuk sarana ibadah. Ia berharap usulan tersebut bisa disetujui karena memang pengadaan LPJU sangat dinanti oleh masyarakat. Itu terbukti dari banyaknya surat permintaan yang masuk ke kantor Dishub Kota Bengkulu untuk pemasangan lampu jalan.

Selain untuk menerangi jalan, juga untuk mempercantik wilayah perkotaan. “Iya masih banyak kebutuhan LPJU, ini terbukti dari banyaknya permintaan pemasangan yang masuk ke kita,” lanjutnya.

Dimana menurut kajian yang pernah dilakukan oleh Dishub Kota Bengkulu,untuk memenuhi semua kebutuhan LPJU di Kota Bengkulu dibutuhkan anggaran sebesar Rp 70 miliar. Anggaran itu mencukupi untuk melakukan pengadaan sekitar 15.000 unit lampu jalan di Kota Bengkulu.

Sementara itu, salah satu warga di Kawasan DDTS, Elko mengatakan memang pemasangan LPJU di sepanjang jalan danau dendam sangat dinanti masyarakat sejak lama. Karena saat malam hari, kawasan tersebut sungguh minim penerangan. Ia berharap Pemkot Bengkulu bisa melakukan pemasangan LPJU dikawasan tersebut tahun ini. “Kita berharap bisa dipasang, karena sudah sejak lama kita menantikan ada pemasangan LPJU di jalan ini,” harapnya.

Ditambahkan, Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Indra Kusuma mengatakan saat ini masyarakat sangat membutuhkan pengadaan LPJU mengingat masih banyak kawasan yang gelap gulita. Untuk itu, pihaknya siap membantu Dishub Kota Bengkulu dalam menganggarkannya pada saat pembahasan APBD-P nanti. Rencananya, APBD-Perubahan itu bakal mulai dibahas pada bulan Agustus mendatang. Ia juga meminta agar Dishub Kota Bengkulu tak hanya berfokus melakukan penambahan LPJU. Dishub juga diminta melakukan perawatan rutin agar LPJU yang dipasang itu tidak cepat rusak.

“Iya sesuai hasil RDP kemarin, kita memang mendukung diusulkan kembali, karena LPJU memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” tutupnya. (cup)

BANNER


BANNER


BANNER


BANNER

Berita Lainnya

Efisiensi Koordinasi, Kejati Bengkulu Siapkan Ruang Khusus Pidum dan Pelayanan Online

  BENGKULU – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu memiliki ruang koordinasi khusus Pidana Umum (Pidum). Keberadaan …

%d blogger menyukai ini: