Sabtu , 24 Juli 2021
BANNER


BANNER


BANNER
Home / Bengkulu Raya / Curup Pos / Kembangkan Air Terjun Tri Sakti, Wisata di Desa Belitar Seberang

BANNER


BANNER

Kembangkan Air Terjun Tri Sakti, Wisata di Desa Belitar Seberang

ALAMI : Inilah salah satu pemandangan indah dan daya tarik dari Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi yang masih alami.

CURUP – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) berencana akan mengembangkan lokasi Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Hal ini setelah Dispar Kabupaten RL melakukan survey atau kunjungan langsung ke lokasi tersebut.

Dijelaskan Kepala Dispar Kabupaten Rejang Lebong Dra. Hj. Upik Zumratul Aini, M.Si kepada RB, tahun 2020 lalu lahan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti dihibahkan oleh pemiliknya ke Pemkab Rejang Lebong. Selanjutnya awal 2021 lalu, objek wisata tersebut dikelola BUMDes Belitar Seberang dan mendapat penyertaan modal sebesar Rp 25 juta untuk pembangunan sarana prasarana pendukung.

‘’Potensinya sangat bagus, saya bersama tim sudah melakukan kunjungan langsung ke lokasi dan memang berbeda dengan Air Terjun lainnya. Saya sudah pernah ke Air Terjun Pemandian Punai, Air Terjun Tangga Seribu, Air Terjun Benteng dan Banyuwangi. Tapi di Air Terjun Tri Sakti, selain air terjunnya besar, benar-benar merupakan air terjun alami, berbeda dengan air terjun lainnya,’’ sampai Upik.

Dilanjutkan Upik, untuk menjadikan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti menjadi salah satu destinasi wisata andalah harus memiliki 3A. Yaitu Aset, Akses dan Atraksi. Aset berupa sarana pendukung dilokasi wisata, akses berupa sarana jalan menuju lokasi wisata dan atraksi berupa kegiatan penampilan seni budaya lokal.

Ditambahkan Upik, sejauh ini mereka sudah koordinasi dengan Dinas PUPRPKP Kabupaten RL. Diketahui bahwa tahun ini sudah direncanakan pembangunan jalan aspal melalui Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi.

‘’Sedangkan sarana pendukung lainnya, ialah pembangunan shelter atau tempat pemberhentian pada jalan turun ke lokasi air terjun yang mencapai 100 meter. Sehingga pengunjung nantinya bisa beristirahat dan menikmati pemandangan air terjun yang memiliki keunikan tersendiri dengan air dingin dan air hangat,’’ demikian Upik. (dtk)

Berita Lainnya

Kerugian Tak Sampai Rp 100 Juta, Kejari Berencana Hentikan Pengusutan Proyek Mangkrak

SELUMA – Pengusutan dugaan korupsi pembangunan gedung baru kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma, jalan di …

%d blogger menyukai ini: