Jumat , 2 Desember 2022
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Selatan / Wujudkan Pembangunan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Bengkulu Selatan

Wujudkan Pembangunan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Bengkulu Selatan

KUNJUNGI: Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi bersama Ketua DPRD Barli Halim dan OPD perpustakaan mendatangi Perpustakaan Nasional RI di Jakarta. (Foto: Ist/RB)

 

KOTA MANNA – Guna mewujudkan dan meningkatkan perpustakaan di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Bupati Gusnan Mulyadi, Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Srigusti Sabana menemui pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, kemarin (17/6) di Jakarta.

Kedatangan bupati dan rombongan disambut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI, Deni Kurniadi.

Bupati Gusnan menjelaskan pertemuan tersebut tidak lain untuk meningkatkan koordinasi terkait kegiatan pengembangan perpustakaan di daerah begitupun dengan literasi. Dan salah satunya pembangunan gedung layanan perpustakaan yang representatif.

Apalagi, menurut Gusnan, salah satu faktor penentu pembangunan daerah adalah peningkatan sumber daya manusia lewat peningkatan minat baca masyarakat. Untuk itu dibutuhkan gedung perpustakaan yang representatif untuk menunjang hal ini.

“Kami juga sampaikan jika kondisi saat ini selain gedung yang kurang refresentatif, ruang baca yang sempit, koleksi buku kurang lengkap, tenaga perpustakaan masih kurang dan masih diperlukan pelatihan keterampilan SDM perpustakaan,” ujar Gusnan.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Bupati juga memaparkan beberapa hal mengenai inovasi perpustakaan di BS kepada pihak Perpusnas RI.

“Bersama rombongan kami langsung menemui pihak Perpustakaan Nasional. Kita ingin pembangunan daerah salah satunya melalui pengembangan perpustakaan yang terintegrasi di Kabupaten Bengkulu Selatan,” kata Gusnan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bengkulu Selatan, Srigusti Sabana menyampaikan, saat ini Dinas Perpustakaan Bengkulu Selatan sangat butuh pengembangan. Apalagi saat ini bantuan DAK memenuhi seluruh ruangan perpustakaan. Sehingga sangat membutuhkan gedung baru.

“Usulan kami bangun gedung baru, nanti gedung ini dapat dimanfaatkan bukan hanya sekedar membaca, perpustakaan ini berbasis inklusi sosial,” terang Srigusti.

Sementara itu pihak Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam meningkatkan dan mengembangkan perpustakaan daerah.

Bahkan, pihak Perpustakaan Nasional memberikan apresiasi dan suport mengenai berbagai inovasi yang dilakukan pihak Pemkab Bengkulu Selatan. Termasuk harapan pembangunan gedung perpustakaan.

“Terimakasih kasih kunjungannya, banyak yang dibahas dan tentunya ini akan berkelanjutan untuk pengembangan perpustakaan Bengkulu Selatan,” sampai Deni. (tek)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …