Senin , 26 Juli 2021
BANNER


BANNER


BANNER
Home / Opini / Sehat Belum Tentu Imun

BANNER


BANNER

Sehat Belum Tentu Imun

Joko Intarto – Founder DisWay

Istirahatlah beberapa hari setelah menjalani vaksinasi atau imunisasi Covid-19. Meski merasa sehat, sebenarnya saat itulah kondisi Anda sedang jatuh-jatuhnya.

SAYA kehilangan satu kerabat. Namanya Budi Setiawan. Ia meninggalkan satu istri: Nita dan satu anak: Louis. Usia Budi masih muda. Belum genap 40 tahun. Budi orang Jawa. Ayahnya asli Jogja. Ia satu-satunya kerabat saya yang menikahi wanita beretnis Tionghoa.

Budi memang gemuk. Berat badannya lebih dari 90 Kg. Terlalu gemuk untuk ukuran tubuhnya. Kelebihan berat badan itu yang jadi sumber masalah pada jantungnya. Orang yang kegemukan lebih rentan terkena serangan jantung.

Pun begitu yang terjadi pada Budi. Kemungkinan besar ia punya potensi gangguan fungsi pada jantungnya. Tapi ia tak pernah menceritakan kepada orang lain. Bahkan juga tidak mengatakannya kepada istrinya.

Beberapa hari yang lalu Budi mengikuti vaksinasi Covid-19. Setelah vaksinasi badannya seperti kurang sehat. Demam. Lemas. Tapi memang begitulah reaksi normal setelah vaksinasi. Respons badan seperti itu menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik.

Pagi tadi Budi merasa badannya sudah sehat. Keluhan yang dirasakan sebelumnya telah hilang. Ia pun memutuskan berangkat kerja. Naik sepeda motor dari rumahnya di Depok ke tempat kerjanya di Kuningan.

Istrinya sudah melarang. Selain masih masa PPKM, kantor Budi juga bukan tergolong dalam industri esensial maupun kritikal. Budi bekerja di perusahaan yang mengelola tambang emas.

Tapi Budi seperti tak mau mendengarkan nasihat istrinya. Mungkin ia tidak mau dinilai gabut alias gaji buta.

Tiba di kantor ia merasa kurang sehat. Kondisinya menurun dengan cepat. Teman-temannya membawa Budi ke MMC. Kebetulan jaraknya dekat. Hanya butuh 3 menit untuk mencapai rumah sakit di kawasan Kuningan itu.

Analisis dokter di IGD menduga Budi terkena serangan jantung. Tak lama kemudian ia mengembuskan nafas yang terakhir.

Saya tiba di RS sekitar pukul 11.00 WIB. Jenazah Budi belum boleh ditengok. Tim medis masih akan memastikan apakah Budi terpapar Covid-19 atau murni karena serangan jantung. Hasilnya keluar pukul 14.30 WIB. Budi positif Covid-19.

Proses Imun

Ada dua cara pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit infeksi. Pertama, secara alamiah. Artinya melalui paparan langsung penyakit tersebut. Kedua, secara buatan melalui imunisasi. Imunisasi dilakukan dengan memasukkan virus ke dalam tubuh. Lazimnya melalui injeksi atau suntikan. Virus itulah yang akan menjadi pemicu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja melawan virus. Baca Selanjutnya >>>

Berita Lainnya

Pajak Sembako

Oleh: Dahlan Iskan UNTUNG dokumen publik ini bocor. Diskusi publik pun bisa terjadi –meskipun kacaunya …

%d blogger menyukai ini: