Minggu , 25 Juli 2021
BANNER


BANNER


BANNER
Home / Honda / Jaga Diri dengan Selalu Ingat Perlengkapan Berkendara, Ini Saran dari Astra Motor Bengkulu

BANNER


BANNER

Jaga Diri dengan Selalu Ingat Perlengkapan Berkendara, Ini Saran dari Astra Motor Bengkulu

BERKENDARA: Perlengkapan safety riding bisa melindungi diri kita dari benturan yang terjadi. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Wajib hukumnya untuk selalu menggunakan masker saat keluar dari rumah. Terlebih ketika menghadapi situasi PPKM yang saat ini diberlakukan di Kota Bengkulu.

Jika masker wajib digunakan ketika keluar rumah, tak lupa perlengkapan safety riding juga wajib digunakan saat berkendara sepeda motor. Perlengkapan safety riding bisa melindungi diri kita dari benturan yang terjadi.

“Selalu ingat perlengkapan berkendara sebelum mengandari sepeda motor ya. Lebih baik melakukan tindakan preventif daripada menyesal di kemudian hari,” ujar Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi.

Kelengkapan Safety Riding saat berkendara sepeda motor adalah sebagai berikut:

1. Helm

Helm berfungsi melindungi kepala dan otak kita dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Pastikan helm yang kita gunakan helm SNI. Pastikan helm berlabel SNI yang sudah melalui tahap pengetesan baik kemampuan menyerap benturan maupun daya tahan terhadap cuaca. Ukuran helm juga harus pas, menggunakan kaca untuk mencegah wajah terpapar langsung dengan benda asing seperti debu, ranting, bahkan batu.

2. Jaket

Jaket berfungsi melindungi tubuh dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan langsung cuaca atau polusi. Jaket yang baik pun ada kriterianya, yakni berlengan panjang, berwarna cerah yang membuat pengendara mudah teridentifikasi oleh pengendara lain dan Upayakan jaket menggunakan bahan yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca.

3. Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan mencegah kontak langsung dengan jalan atau terpapar cuaca dan polusi udara. Sarung tangan yang baik harus melindungi seluruh tangan dan jari, berukuran pas, sehingga nyaman saat digunakan dan tidak mengganggu proses pengendalian sepeda motor.

4. Celana panjang

Celana panjang melindungi tubuh bagian bawah dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan cuaca dan polusi. Spesifikasi yang dianjurkan adalah berukuran pas, berbahan nyaman dan sesuai kondisi cuaca.

5. Sepatu

Gunakan sepatu saat berkendara untuk mencegah kaki berkontak langsung dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin, cuaca dan polusi. Penting untuk menggunakan sepatu berukuran pas untuk memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal perseneling (model sport dan cub), juga saat menurunkan kaki bila kendaraan berhenti. Serta gunakan sepatu yang menutupi mata kaki kita demi melindungi persendian saat berkendara dan menurunkan potensi terkilir saat terjadi kesalahan dalam menurunkan kaki. (rls)

Berita Lainnya

Vega Force Warna Baru Meluncur, Tampil Makin Modern

JAKARTA – Yamaha memanjakan para pecinta motor bebek di Tanah Air dengan melakukan penyegaran warna …

%d blogger menyukai ini: