Rabu , 15 September 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Berita Utama / SPP Gratis Wajib Pertimbangkan Kemampuan Daerah

BANNER


BANNER

SPP Gratis Wajib Pertimbangkan Kemampuan Daerah

RINGANKAN: SMA Negeri 2 Kota Bengkulu menjadi salah satu sekolah yang bakal menerapkan SPP gratis sesuai rencana Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu. (foto: riris/rb)

BENGKULU – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menerapkan program Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis bagi siswa SMA/SMK se Provinsi Bengkulu tahun depan mendapat sorotan dari anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Faizal Mardianto.

Tentang, rencana itu ia menyarankan untuk realisasinya program SPP gratis itu wajib disesuaikan kemampuan daerah.

BACA JUGA: Pemprov Bengkulu Minta Awasi Gas Subsidi di Lapangan

“Ketika program itu direalisasikan sudah pasti bakal membebani APBD. Ini jangan sampai dilupakan. Jadi Pemprov juga harus mengkaji kemampuan keuangan daerah, ditambah lagi kebutuhan masing-masing sekolah juga berbeda,” sampainya.

Dijelaskannya, dalam penerapan program SPP gratis tersebut, tentu saja tidak lagi memandang status sosial siswa SMA/SMK.

Maksudnya, baik untuk orang tua siswa yang tergolong ekonomi yang mapan atau sebaliknya, nantinya tentu akan diperlakukan sama.

Sehingga ia mewanti-wanti, jangan sampai dengan ketidakmampuan keuangan daerah nantinya, malah membuat dunia pendidikan tingkat SMA/SMK semakin terpuruk.

BACA JUGA: Mau Sekolah Dibuka Lagi, Seluruh Guru di Kepahiang Harus Sudah Divaksin

“Kalau memang keuangan daerah tidak mampu, setidak-tidaknya sejak dini Pemprov harus menyiapkan formulasi. Misal di tahap awal realisasi program ini, diutamakan siswa yang tergolong tidak mampu,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia menilai jika etika formulasi seperti ini diterapkan, maka Pemprov harus berdasarkan data yang valid. Pasalnya, bisa saja nantinya yang tidak layak malah tersentuh program SPP gratis, sedangkan yang layak tidak.

“Kalau seperti ini semakin amburadul namanya. Kita pada prinsipnya setuju program SPP gratis direalisasikan, dan sekolah kita ingatkan juga untuk mendukung,” tukas Faizal.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Provinsi lainnya, H. Zainal S.Sos bahwa pihaknya berkeyakinan program SPP gratis tersebut bisa diterapkan secara menyeluruh.

“Buktinya ada salah satu SMK di Provinsi Bengkulu ini bisa menggratiskan siswanya hingga tamat,” singkatnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, menyampaikan program SPP gratis bagi SMA/SMK ini  menjadi salah satu program unggulan dari 18 program prioritas Provinsi Bengkulu. Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

Ngaku Staf Khusus Presiden, Pria Ini Diamankan Polisi Bersama Mobil Mewah

    BENGKULU – Ada-ada saja cara untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan jalan yang salah. …

%d blogger menyukai ini: