Jumat , 1 Oktober 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / News Update / TAUSIYAH: Keutamaan Bulan Shafar

BANNER

TAUSIYAH: Keutamaan Bulan Shafar

Ustadz : H. Airin Rais S. Ag

rakyatbengkulu.com, TAUSIYAHBulan shafar merupakan bulan kedua setelah bulan Muharram pada penanggalan Hijriyah, terdapat banyak keutamaan yang dapat kita teladani.

Sayangnya sebagian masyarakat menganggap bulan shafar sebagai bulan penuh musibah bahkan dikatakan bulan sial. Padahal dalam ajaran Islam tidak ada bulan yang sial. Setiap bulan memiliki keutamaannya masing-masing.

Terdapat banyak keutamaan bulan shafar empat diantaranya adalah:

1. Menjalankan aktifitas seperti biasa. Rasulullah bersabda yang artinya: “Barang siapa yang keperluannya tidak dilaksanakan disebabkan berbuat thiyarah sungguh ia telah berbuat kesyirikan …”(HR.Imam Ahmad dan Ath-Thabrani) Tetap menjalankan aktifitas seperti biasa di bulan shafar menjadi bukti bahwa bahwa bulan shafar bukanlah bulan yang dipenuhi kesialan.

2. Memperkuat iman. Salah satu keutamaan bulan shafar adalah membuat kita menjadi pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketauhidan dan menolak khurafat. Sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur’an surat Yunut ayat 107 yang artinya:

“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu maka tidak ada yang dapat menolak karuniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendakiNya diantara hamba-hambaNya dan Dia lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

3. Bulan penguji iman. Sebagai seorang muslim kita seharusnya tidak mempercayai mitos bulan shafar adalah merupakan bulan penuh sial. Justru hal inilah yang mendasari bahwa bulan shafar adalah bulan penguji iman khususnya bagi umat muslim yang tinggal dilingkungan amalan-amalan khurafat.

4. Tetap menjalankan ibadah harian. Sholat Dhuha, tahajjud, qobliyah, ba’diyah serta puasa Senin Kamis merupakan ibadah harian yang harus senantiasa kita lakukan tanpa memandang hari-hari. Semua itu kita lakukan semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT.

Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan Rahmat dan kasih sayangNya kepada kita semua. Aamiin. (**)

BACA JUGA TAUSIYAH:

. Tausiyah: Modal Masuk Surga  

Tausyiah Jumat: Manfaat dari Bersyukur 

 

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

wisata kepahiang

Target PAD Wisata Kepahiang Kecil, Cuma Rp 14,5 juta

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata  Kabupaten Kepahiang sangat kecil. Cuma …

%d blogger menyukai ini: