Jumat , 8 Oktober 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / KESEHATAN / Nihil Covid-19, Lebong Zona Hijau

BANNER

Nihil Covid-19, Lebong Zona Hijau

prokes
DISIPLIN: Penerapan prokes tetap diperketat sekalipun Lebong sudah ditetapkan kembali zona hijau Covid-19. foto: aris/rb

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Jika sebelumnya Kabupaten Lebong ditetapkan turun ke level II Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), terhitung Oktober Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kembali menetapkan Lebong zona hijau Covid-19. Menyusul nihilnya kasus positif sejak 3 bulan terakhir.

Dengan status itu (Hijau) sejumlah pembatasan kegiatan yang sebelumnya diberlakukan ketat akan diperlonggar. Sebagaimana diakui Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong, Kopli Ansori. Kembalinya status Lebong ke zona hijau Covid-19 merupakan buah kerja seluruh pihak. Bukan hanya kerja Satgas Covid-19.

BACA JUGA: Pihak Hotel Sebut Mayat Perempuan Tanpa Busana di Kolam Renang Bukan Tamu Hotel

‘’Saya harap dengan status yang kembali hijau ini, masyarakat tetap disiplin prokes (protokol kesehatan, red) serta proaktif membantu Satgas dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,’’ kata Kopli.

Koordinator Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si memastikan menunda rencana pengaktifan kembali Pos Komando (Posko) di 2 titik pintu masuk Lebong. Jika kondisi Covid-19 di Lebong kembali merangkak naik, tidak menutup kemungkinan permberlakuan penyekatan dan pintu masuk kembali diterapkan.

‘’Semuanya disesuaikan dengan situasi dan kondisi dan kalau melihat kondisi hari ini (kemarin, red) tampaknya Posko belum begitu diperlukan,’’ tukas Fakhrurrozi.

Zona Hijau

Terpisah Kasubbid Surveilans Imunisasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM, terhitung Agustus tidak ada satupun warga Lebong terpapar Covid-19. Bahkan saat ini tidak ada lagi pengiriman sampel swab ke laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu.

‘’Mudah-mudahan hari ini dan ke depan tidak ada lagi kasus Covid-19 di Lebong,’’ tukas Donny.

BACA JUGA: Benda Berbentuk Guci itu Mortir Peninggalan PD II

Sekalipun statusnya sudah kembali ke zona hijau, Donny pastikan Dinkes akan tetap bekerja maksimal dalam mengantisipasi merebaknya Covid-19 di Kabupaten Lebong. Salah satunya dengan mengoptimalisasi program vaksinasi ke masyarakat. Termasuk vaksinasi tambahan terhadap tenaga kesehatan itu sendiri, akan terus dimaksimalkan.

‘’Intinya kami dari Dinkes tidak akan pernah lengah sekalipun sekarang di Lebong sudah nihil kasus Covid-19,’’ demikian Donny.

Data dihimpun, kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Lebong mencapai 572 kasus. Sepuluh diantaranya meninggal dunia dan 562 pasien sudah sembuh total setelah menjalani isolasi.(sca/rb)

Berita Lainnya

Covid Masih Mengancam, Tunda Dulu Kehamilan

PELABAI, rakyatbengkulu.com – Kendati status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Lebong sudah turun …

%d blogger menyukai ini: