Rabu , 13 Oktober 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Uncategorized / pendidikan / Indonesia Cakap Digital

BANNER

Indonesia Cakap Digital

Webiner Literasi Digital

KAUR, rakyatbengkulu.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Gubernur Provinsi Bengkulu yaitu, Dr.drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A sebagai keynote speaker serta Presiden RI Jokowi mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang tema besar KEBEBASAN BEREKSPRESI DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session di akhir webinar.

Walaupun kebebasan berekspresi telah diatur oleh undang undang, tapi masih banyak masyarakat pengguna digital khususnya di media sosial yang masih melanggar aturan tersebut.

Banyak kasus yang terjadi akibat dari tidak kontrolnya mereka berekspresi terutama dalam persaingan bisnis, politik maupun yang hanya mau menambah follower akun mereka.

Yeye Hendri Kepala SMN 10 Pentagon menyebutkan bahwa Indonesia adalah bangsa multikultularisme dengan perbedaan budaya yang unik.

Peran ekosistem pendidikan dalam multikultularisme antara lain membangun paragdima agama.

Menghargai keragaman bahasa, membangun sensitivitas gender, kepedulian sosial  dan membangun sikap anti diskriminasi etnis.

Sementara, apapun yang kita lakukan kegiatan di media sosial menurut Dr. Virierna akan meninggalkan jejak rekam digital.

Jangan Tinggalkan Jejak Buruk

“Jangan sampai kita meninggalkan jejak yang buruk karena hal ini adalah cermin kepribadian dan citra diri kita. Posting informasi yang positif, inspiratif serta menjalin komunikasi yang baik maka akan meninggalkan jejak rekam yang baik. Untuk menjadikan kita lebih paham dalam aktifitas di dunia maya maka literasi digital adalah salah satu jalan untuk meningkatkan wawasan dalam dunia digital. Apalagi saat kondisi pandemi covid ini, digital platform merupakan alat utama dalam menjalankan pekerjaan di semua sektor baik pendidikan, bisnis dan lain lain,” papar Virierna.

Di bagian lain, Henri, S.,STP menerangkan pentingnya memiliki digital skill dimasa pandemi karena apapun aktivitas kita akan selalu menggunakan teknologi digital.

“Maka manfaatkan skill anda untuk mengembangkan diri, usaha dan pendidikan melalui digital platform,” tukas Hendri. (rls)

 

Berita Lainnya

Manfaatkan Teknologi, Ibu-ibu Pelaku Usaha Keripik Tempe Dibekali Digital Marketing

    BENGKULU – Univeristas Terbuka Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas). Mengangkat …

%d blogger menyukai ini: