Sabtu , 16 Oktober 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Berita Utama / Wujudkan Standar Pelayanan Minimal

BANNER

Wujudkan Standar Pelayanan Minimal

MONITORING : Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto, bersama Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto, didampingi Kepala Inspektorat Provinsi Bengkulu, Heru Susanto, usai rapat monitoring SPM. foto: riris/rb

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Standar Pelayanan Minimal (SPM) menjadi prioritas dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan minimal kepada masyarakat. Untuk itu, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto, berpesan agar masing-masing pemerintah daerah, baik dari tingkat provinsi hingga kabupaten kota untuk mengoptimalkan kinerja dari standar pelayanan minimal. Pasalnya, standar pelayanan minimal, inikan kewajiban dari pemerintah dan sekaligus hak dasar dari warga negara, bahwa mereka harus mendapatkan pelayanan minimal dari pemerintah daerah, yang terkait dengan urusan wajib pemerintah daerah.

BACA JUGA: Digitalisasi, Senjata Utama BRI Hadapi Tantangan Bisnis Mikro dan Ultra Mikro

“Makanya, sifatnya SPM ini konkuren maka sifatnya sudah dibagi-bagi. Antara pusat, Provinsi,dan kabupaten kota, makanya diperlukan koordinasi untuk kerjasama, dalam rangka pemenuhan SPM itu sangat penting,” kata Iskandar.

Artinya penting untuk memantau, kata Iskandar, dari proges yang dilakukan secara periodik. Sehingga dapat diketahui  target target yang ditetapkan dari masing-masing kabupaten kota dan provinsi. Untuk itu, SPM penting dipersiapkan agar saat eksekusi untuk pelayanan ke masyarakat memenuhi standar.

BACA JUGA: Sebar Konten Asusila Teman Wanita, Pria Ini Dijerat UU ITE

“Sudah sampai mana penyelesaian. Karena untuk memenuhi target SPM tadi bukan sekedar untuk tanggung jawab masing-masing kabupaten. Namun, bagaimana dampak dari kegagalan satu kabupaten, itu bisa berdampak pada keseluruhan bahkan hingga level provinsi. Sehingga data-data tadi terutama yang meliputi capaian, diperlukan oleh Provinsi, sehingga itu nanti bisa dilakukan koordinasi oleh provinsi dilakukan untuk pemenuhan SPM,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar setiap Pemda bisa mempercepat capaian progres standar pelayanan minimal. Apalagi, SPM ini memang dari dulu ada PP nomor 5 tahun 2005 sudah digencarkan, dan hingga kini terus disosialisasikan.

“Target dilihat dari jenis dan mutu layanan di SPM masing-masing bidang. Targetnya, kita tidak ingin lagi ada warga negara yang tidak terlayani SPM nya, kalau kita bicara standar minimal saja tidak terlayani kan repot. Makanya ini yang harus disiapkan betul. Perencanaannya mulai dari RPJMD ,RKPD nya , OPD yang betul-betul matang untuk mencapai pemenuhan SPM, dan nanti anggaran juga demikian, dan anggaran ini juga harus dipersiapkan,” tukasnya. Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

Polres Turunkan Anggota Telusuri Hutan Dirambah, WALHI: Pemerintah Harus Berdayakan Masyarakat

BENGKULU TENGAH – Menyikapi longsor yang kerap terjadi di kawasan liku sembilan, Satuan Polres Bengkulu …

%d blogger menyukai ini: