Minggu , 28 November 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Uncategorized / pendidikan / Lulusan Siap Kerja, SMKN 1 Gandeng CV. Pati Rafflesia

Lulusan Siap Kerja, SMKN 1 Gandeng CV. Pati Rafflesia

KERJA SAMA: Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu Dra. Evriza, M.Pd dan Direktur CV Pati Rafflesia saat penandatangan MoU di aula SMKN 1 Kota Bengkulu, Kamis (18/11). (foto: ist/rb.com)

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Mempersiapkan lulusan berkualitas dan siap kerja, SMKN 1 Kota Bengkulu menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Salah satunya menggandeng CV. Pati Rafflesia. Terutama berkaitan dengan sinkronisasi kurikulum, guru tamu, magang guru, penempatan siswa PKL, dan penerimaan tamatan.

Mempertegas jalinan kerja sama tersebut, Kamis (18/11), dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan CV. Pati Rafflesia di aula SMKN 1 Kota Bengkulu.

Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu, Dra. Evriza, M.Pd menuturkan, sinkronisasi merupakan program unggulan sekolah tersebut. Menjadi salah satu indikator keberhasilan kelulusan SMK yang bisa langsung diterima di dunia kerja. “Tentunya lulusan siap bekerja harus sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan industri,” tuturnya.

BACA JUGA: SMKN 1 Rejang Lebong Teken MoU dengan Angkasa Pura II

Sinkronisasi kurikulum bertujuan agar kurikulum di SMK sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri. “Termasuk dengan CV. Pati Rafflesia yang bergerak di bidang akuntansi dan perpajakan. Yang dibutuhkan CV. Pati Rafflesia lulusan yang seperti apa, kompetensi apa, makanya perlu sinkronisasi kurikulum,” jelasnya.

Sementara itu pemilik sekaligus Direktur CV. Pati Rafflesia, Yunni Purnama Sari, S.E, M.Ak mengatakan, sebelumnya, Oktober lalu pihaknya sudah mengadakan sinkronisasi kurikulum dengan SMKN 1 Kota Bengkulu. ‘’Sehingga lulusan SMKN 1 Kota Bengkulu siap diterima di dunia kerja,” sebutnya.

Yuni menyampaikan, kerja sama ini juga sebagai bentuk pengabdiannya. Dirinya merupakan alumni sekolah tersebut. “Tadi saya juga diundang untuk menjadi guru tamu dalam bidang perpajakan. Menanamkan dan menumbuhkan rasa kesadaran atas pentingnya perpajakan dalam dunia kerja khususnya bidang akuntansi,” bebernya.

Bersaing di Dunia Kerja

Lebih lanjut Yuni menjelaskan bahwa CV. Pati Rafflesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang administrasi akuntansi, perpajakan dan bisnis. Pemilik perusahaan itu juga merupakan salah satu dosen tetap akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang telah memiliki sertifikasi dosen.

Juga anggota Ikatan Akuntan Indonesia sekaligus Praktisi Akuntansi, Keuangan dan Pajak Perusahaan.

Yuni berharap alumni SMKN 1 Kota Bengkulu dapat bersaing di dunia kerja yang lebih baik lagi. Dia juga ingin membanggakan ayahnya yang dulu sempat menjadi juara umum di SMKN 1 Bengkulu jurusan Tata Buku. Suatu hal yang luar biasa seseorang anak dapat meneruskan bakat orang tua meraih prestasi di tempat yang sama.

BACA JUGA: Implementasikan Nilai Luhur Pancasila di Lingkungan Kampus IAIN

Selain itu Yuni juga sudah banyak merekrut tenaga dari alumni akuntansi. Dia pun hadir ditemani oleh seseorang alumni yang direkrutnya pada salah satu perusahaan ternama bergerak di bidang alat berat, pertambangan batu bara yaitu Yoga Arie Saputra.

Yoga merupakan salah satu alumni SMKN 1 Kota Bengkulu yang mampu bersaing di dunia kerja dan diangkat menjadi Armada CV. Pati Rafflesia.

Kepala Prodi Jurusan Akuntansi dan Keuangan SMKN 1 Kota Bengkulu saat Yuni masih menimba ilmu di sekolah tersebut, Dra. Komariah menambahkan, Yuni sewaktu belajar di SMKN 1 dikenal sebagai anak yang ulet, disiplin, mandiri, tangguh dan pantang menyerah.

Kepala Prodi Jurusan Akuntansi dan Keuangan saat ini, Merry Handayani, S.E mengatakan, MoU ini merupakan kesepakatan pertama yang dilakukan SMKN 1 Bengkulu dengan industri. ‘’Sebelumnya sudah kita lakukan kerja sama dengan pihak industri tapi tanda tangan MoU baru dilakukan dengan CV. Pati Rafflesia,” sebutnya.

Turut hadir di kegiatan penandatangan MoU guru-guru SMKN 1 Bengkulu beserta siswa jurusan akuntansi kelas XII. (cw2)

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

166 Siswa Putus Sekolah

Lama Belajar Daring, Anak Kehilangan Gairah BENGKULU – Selama pandemi Covid-19, tercatat 166 pelajar di …

%d blogger menyukai ini: