Senin , 29 November 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Inspiring / BUMDes Sukasari Kembangkan Jesica

BUMDes Sukasari Kembangkan Jesica

Produk UMKM BUMDess Sukarasi. Foto: ILHAM/RBOnline

SELUMA, rakyatbengkulu.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukasari, Kecamatan Air Periukan saat ini terus melakukan pengembangan produk UMKM. T e r u t a m a produk minuman Jesica yang bahannya terdiri dari jahe merah dan kayu manis. Juga ada produk minyak serai wangi.

D i r e k t u r BUMDes Sukasari, Sugiyan menjelaskan, sari mati dari j a h e d i b u a t menjadi serbuk minuman jesica. Sedangkan ampas jehe dibuat makan ringan yang dicampurkan kancang.

”Produk unggulan ada dua minuman jesica dan minyak serai wangi, namaun produk lainnya ada makan ringan,” ujarnya.

Dia mengatakan, bahan sebagian dari Desa Sukasari sendiri. Sebagian dibeli dari pasar. Pengembangan dilakukan oleh anggota BUMDes sendiri karena ada tim UMKM. “Kalau produksi kita sekitar 25-50 kilogram setiap minggu,’’ kata Sugiyan.

Adapun produk minuman jahe atau sirum jahe, lanjutnya, sudah masuk digarai modern tapi khusus Kabupaten Seluma. Selain itu pemasaran secara mandiri juga dilakukan BUMDes melalaui kenalan bahkan sudah keluar daerah. “Melalui kawan ada ke Jakarta, Sulawesi dan ada di Pulau Nias,” ungkap Sugiyan.

Lanjutnya, pengelolaan BUMDes tahun pertama melalui unit SPP simpang pinjam, kemudian mendapatkan bantuan dari kementerian untuk pengembangan lalu di bangun gedung.

Bantuan mobil transportasi dari Dinas Perkim dan Perhubungan dijadikan mobil angkutan barang. Lalu BUMDes juga mengelola pasar setempat dan penjualan sembako.

“Pemasukan bervariasi. Perbulan bisa Rp 11 juta hingga Rp 15 juta. BUMDes setor PAD ke Desa tahun lalu sebesar Rp 22 juta,’’ sebutnya.(juu)

Berita Lainnya

Periksa Semua Pemilik E-Warung

MUKOMUKO – Guna mendalami dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) …

%d blogger menyukai ini: