Senin , 29 November 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Selatan / Tanam Bawang Merah di Bengkulu Selatan Gagal

Tanam Bawang Merah di Bengkulu Selatan Gagal

Bawang Merah

 

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com- Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan mencoba mengembangkan produksi pertanian dengan menanam bawang merah di dua kecamatan yakni Kedurang Ilir dan Seginim. Dengan total luas lahan dua kecamatan ini mencapai 20 hektare. Namun sayangnya, bawang merah ini gagal tumbuh dengan baik.

Bawang merah ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Untuk wilayah Seginim ditanam di lahan seluas 10 hektare dan Kedurang Ilir di lahan 10 hektare. Namun hingga November ini bawang merah yang ditanam oleh para kelompok tani ini gagal berkembang atau tumbuh sesuai rencana. Sebab beberapa tanaman tersebut mati bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Ikat Maulana SP menerangkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi gagalnya bawang merah di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pertama asal bibit tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat. Sehingga pihaknya tidak terlalu memahami apakah bantuan bibit tersebut untuk wilayah dataran rendah atau tinggi.

Selain itu, faktor iklim. Cuaca di Kabupaten Bengkulu Selatan tidak menentu, sehingga sangat mempengaruhi perkembangan pertumbuhan bawang. Meskipun diakui Ikat, beberapa kelompok tani telah merancang lokasi tanam dengan bantuan air melalui pipa, tetap saja gagal tumbuh.

“Masalah iklim, dan mungkin juga bibit bantuan tersebut bukan untuk dataran rendah,” terang Ikat. Namun demikian, meskipun tanaman dengan nama ilmiah Allium cepa L. var. aggregatum gagal tumbuh di Bengkulu Selatan, untuk bawang putih di Bengkulu Selatan dapat tumbuh dengan baik.

Ikat menambahkan karena Bengkulu Selatan masuk sebagai kawasan dataran rendah, beberapa jenis tanaman pertanian yang cocok untuk tumbuh di Bengkulu Selatan seperti jagung, terong, cabe dan tomat.

Ia memastikan beberapa jenis tanaman tersebut sangatlah cocok untuk tumbuh di dataran rendah. Sebagai contoh jagung, sangat baik tumbuh di Kabupaten Bengkulu Selatan. Sebagai buktinya selama tahun 2021 ini total sudah 13 ribu hektare lahan jagung berhasil diproduksi petani Bengkulu Tengah.(tek)

Berita Lainnya

Bupati Gusnan Ajak Masyarakat jadi Pahlawan

KOTA MANNA – 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya bagi rakyat Indonesia. Melalui …

%d blogger menyukai ini: