Senin , 29 November 2021
BANNER


BANNER


BANNER


BANNER


BANNER
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Selatan / Bengkulu Selatan, Pagar Alam dan Lahat Sepakat Kerja Sama

Bengkulu Selatan, Pagar Alam dan Lahat Sepakat Kerja Sama

Penandatanganan kerja sama MoU antar Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni dan Bupati Lahat Cik Ujang. (Foto: Rio/RB)

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com – Dua Kabupaten dan satu kota sepakat kerja sama. Penandatanganan MoU kerja sama Regional (KER) Manna-Pagar Alam- Lahat (MAPALA) antara Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dengan Pemerintah Kota Pagar Alam dan Pemerintah Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, Rabu (24/11).

Kerja sama ini untuk meningkatkan konektivitas tiga daerah salah satunya akses transportasi jalan. Adapun KER MAPALA ini meliputi sektor Jalur transportasi, pariwisata, ekonomi, penangan bencana, perikanan, pendidikan, insfrastruktur, kesehatan dan produk lokal. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni SH dan Bupati Lahat Cik Ujang SH

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE MM mengatakan, kedatangan dua pemimpin daerah tersebut tidak lain untuk memperkuat hubungan emosional antara Manna-Pagar Alam-Lahat yang sangatlah kental semenjak dari nenek moyang dahulu.

Namun yang paling utama untuk saat ini, Gusnan menyebutkan pembangunan jalan menuju dua daerah tersebut. Status jalan menuju Lahat dan Kota Pagar Alam adalah jalan nasional dan saat ini telah dimulai. Apabila pengerjaan jalan nasional ini telah selesai nantinya dimana pengerjaan fisik tahun 2023 bahkan balai jalan nasional menganggarkan Rp 200 miliar untuk Bengkulu Selatan.

“Jalannya nanti membentang tujuh meteran, disambut Tanjung Sakti, Pagar Alam dan tembus ke Lahat. Jadi benar-benar ini jalan poros tiga fungsi yaitu fungsi ekonomi, fungsi hankam atau keamanan dan fungsi jalan evakuasi bencana,” terang Gusnan didampingi Kepala Bapedda-Litbang Sukarni.

Maka dari itu Gusnan menyebutkan hubungan antar daerah ini mau tidak mau dilakukan. Sebab saling membutuhkan, apalagi dalam keadaan bencana alam. “Kalau ada bencana gempa bumi dan tsunami kita bisa ke Pagar Alam dan Lahat, begitupun sebaliknya kalau gunung meletus mereka ke tempat kita,” kata Gusnan.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang mengaku sangat berterimakasih atas sambutan Kabupaten Bengkulu Selatan dan kerjasama yang dilakukan tiga daerah. Dengan adanya kerja sama ini khususnya untuk jalan, maka jarak tempuh antar tiga daerah menjadi lebih cepat hingga 2,5 jam untuk ke Lahat.

Lalu perekonomian ketiga daerah akan menjadi lebih baik, sebab saling membutuhkan. Apalagi geografis daerah-daerah ini berbeda. Kemudian untuk pariwisata, Ujang tidak menampik hubungan Sumsel dan Bengkulu di bidang pariwisata sangat membutuhkan. Khususnya sektor laut dan pegunungan. Maka dari itu sektor ini tidak kalah penting ditingkatkan. Ia bahkan mengajak media membantu untuk kemajuan antar daerah ini.

“Untuk sektor jalan ini yang paling kita butuhkan, karena transportasi yang baik akan menciptakan peluang peningkatan sektor lain. Kemudian kekayaan alam dan pariwisata, laut di BS luar biasa begitupun penghasilan ikan laut. Masyarakat Bengkulu Selatan ayo ke Lahat dan Pagar Alam,” ajak Ujang.(tek)

Berita Lainnya

Bupati Gusnan Ajak Masyarakat jadi Pahlawan

KOTA MANNA – 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya bagi rakyat Indonesia. Melalui …

%d blogger menyukai ini: