Minggu , 23 Januari 2022
Home / Otomotif / Yamaha Thamrin Beri Pelatihan Guru TBSM dan Sosialisasi Kurikulum SMK Binaan Yamaha Level 2

Yamaha Thamrin Beri Pelatihan Guru TBSM dan Sosialisasi Kurikulum SMK Binaan Yamaha Level 2

Pembukaan Pelatihan Guru TBSM dan Sosialisasi Kurikulum SMK Binaan Yamaha Level 2

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Main Dealer Yamaha Bengkulu PT. Thamrin Brothers dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Jakarta melakukan kegiatan Penendatanganan MOU Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) & SMK serta Pelatihan GURU TBSM dan SOSIALISASI kurikulum SMK Binaan Yamaha Level. 2 yang disesuaikan dengan Kurikulum Industri terutama pada program studi Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), 15-16 Desember 2021.. Kegiatan ini  dalam rangka mendukung Instruksi Presiden RI Nomor: 9 tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia.

Kegiatan penandatanganan MOU tersebut dilakukan Yamaha PT. Thamrin Brothers dengan 15 SMK Binaan Yamaha yang disaksikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu yang diwakilkan Kepala Bidang SMK Drs. Buslan, M.Pd. M.Si. Buslan mengapresiasi terhadap DUDIKA YAMAHA dan PT. Thamrin Brothers yang selalu konsisten mensupport dunia pendidikan dalam mengembangan kurikulum Industri dimasa pandemi ini.

“Dengan kegiatan yang berkesinambungan dapat membantu program pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten dan mampu bersaing di dunia kerja melalui program Link & Match Pendidikan SMK dan DUDIKA,” ungkap Buslan.

Area Manager Dealer PT. Thamrin Brothers, Kurnia Akbar menegaskan komitmen YAMAHA untuk terus mendukung program vokasi yang dicanangkan Presiden Jokowi dalam membangun Link and Match antara SMK dengan Industri. Ini wujud tanggung jawab Yamaha PT. Thamrin Brothers sebagai pelaku industri dalam mengembangkan pendidikan di Sumatera Selatan dan Indonesia. Untuk materi yang diberikan saat pelatihan adalah : Perawatan Berkala Motor & Throubleshooting, Engine Noise, Yamaha Diagnostic Tools Analize (YDT), Pemeriksaan sistem Rem ABS dengan YDT, Fitur Yamaha Smart Key Sistem dan Aplikasi Y-Connect.

“Kami harap proses pembelajaran yang diberikan ini dapat menjadi motivasi bagi Sekolah, Guru dan siswa/i SMK dalam mempersiapkan diri untuk menjadi insan yang memiliki daya saing tinggi. Sebelumnya tahun 2019 kegiatan pelatihan guru level. 1 sudah dilaksanakan dibeberapa wilayah kota Bengkulu dimana kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersama-sama PT. Thamrin Brothers dengan dihadiri Dinas Pendidikan Bengkulu,” jelas Kurnia.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 2 Bengkulu, Sulasman, S.Pd mengutarakan, pihak SMK harus serius dalam membangun komunikasi dan kerja sama antara SMK dan DUDIKA melalui kegiatan-kegiatan Yamaha agar apa yang menjadi tujuan dunia pendidikan selalu menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja.

“Dimana SMK Negeri 2 Kota Bengkulu sudah melakukan kerja sama selama 13 tahun dan sekarang sudah memiliki KELAS KHUSUS YAMAHA dimana sistem pembelajaran serta fasilitas pembelajaran prakteknya sudah berstandard YAMAHA,” ungkap Sulasman.

Di bagian lain, Yamaha Instruktur PT Thamrin Brothers, Karyadi menambahkan, tahapan selanjutnya dari program ini adalah mempersiapkan peralatan & ruang workshop yang memadai di SMK melalui kegiatan akselerasi Project SMK Binaan Yamaha dan Pengembangan Prodi. TBSM menuju Program “BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN SMK” sehingga proses pembelajaran dapat diimplementasikan ke peserta didik yang dapat menjadi seorang Intrapreneurship.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Kepala SMK Binaan Yamaha PT. Thamrin Brothers di Bengkulu. Disetiap kegiatan yang dilakukan panita dan peserta melaksanakan standard protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) serta semua sudah melakukan Vaksin dan Rapid test sebelum menghadiri kegiatan dengan bukti menunjukan/membawa hasil test NonReaktif Covid 19. (rls/pkt/gik)

Dengan semangat SMK BISA…. SMK HEBAT…. untuk MERAH PUTIH SEMAKIN DIDEPAN… Maju terus dunia PENDIDIKAN INDONESIA… #salamvokasi #gaspoll

Berita Lainnya

Presiden Dorong Sinergi Pemulihan Ekonomi di Sektor UMKM

    JAKARTA, rakyatbengkulu.com – Presiden Joko Widodo mendorong sektor jasa keuangan untuk terus bersinergi …

%d blogger menyukai ini: