Senin , 24 Januari 2022
Home / KESEHATAN / Selain Covid-19, Waspada DBD

Selain Covid-19, Waspada DBD

Upaya fogging dilakukan Dinkes Kaur untuk mencegah perkembangan nyamuk DBD di Kabupaten Kaur. (Foto: Dok/rakyatbengkulu.com)

KAUR, rakyatbengkulu.com  – Masyarakat Kabupaten Kaur diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan peningkatan penyakit lain di tengah pandemi Covid-19.

Selain covid, demam berdarah dengue (DBD) juga harus diwaspadai.

BACA JUGA: Masih 20 Persen Lagi Masyarakat Bengkulu Belum Divaksin

Mengingat, curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kaur berpotensi menimbulkan penyakit DBD.

“Selain Covid, seiring dengan musim penghujan ini kita harus waspadai penyakit lain seperti DBD yang juga dapat merenggut nyawa bila tidak cepat tanggap,” kata Plt Kepala Dinkes Kaur, Darmawansyah, SIP, MM.

Dikatakannya, potensi perkembangan nyamuk menjadi lebih banyak.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat di wilayah Kaur untuk lebih peduli dalam menerapkan budaya hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit musim penghujan.

Sebab dengan pengasapan (Fogging) hanya efektif pada nyamuk aedes aegypti dewasa, sementara jentik-jentik nyamuk tak terpengaruh dengan pengasapan.

“Jadi tidak cukup dengan fogging, harus dibarengi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pemberian abate ke tempat-tempat penampungan air,” terangnya.

Ditambahkan Darmawansyah, guna mengantisipasi penyakit lain selama musim hujan.

BACA JUGA: Desa Percontohan Ini Manfaatkan Teknologi Tepat Guna Pompa Hidram

Dinkes Kaur bersama puskesmas terus meningkatkan peran masyarakat dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menguras, mengubur dan mendaur ulang (3M). (**)

Berita Lainnya

Enam Zona Hijau, Tiga Kuning

BENGKULU, rakyatbengkulu.com –  Berdasarkan data dari Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, Selasa (11/1) didapati ada …

%d blogger menyukai ini: