Senin , 24 Januari 2022
Home / Bengkulu Raya / Kumpulkan Pejabat, Perbaiki Data Wilayah

Kumpulkan Pejabat, Perbaiki Data Wilayah

Bupati Mian memimpin rapat internal pembuatan basis data terpadu bersama Wakil Bupati dan seluruh kepala OPD serta BPS. FOTO: Shandy/rbonline

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H Mian kemarin (14/1) mengumpulkan seluruh pejabat Eselon II dan pejabat dari Badan Pusat Statistik (BPS). Ini terkait perbaikan seluruh data yang ada di BU.

 Mian menuturkan dalam pertemuan itu meminta seluruh OPD untuk melakukan perbaikan data yang menjadi tugas masing-masing OPD. Data tersebut nantinya akan disandingkan dengan data BPS sehingga memang ada kesamaan data yang memang benar-benar sesuai dengan kondisi di BU.

 “Karena data tersebut sangat penting dan menjadi dasar dalam menetapkan keputusan ataupun kebijakan baik oleh daerah maupun pemerintah pusat,” kata Mian.

 Namun dia membantah jika terjadi ketidaksingkronan data antara milik Pemkab dan BPS selama ini. Rapat kemarin memastikan ada validasi data yang terus menerus.  “Data kita validasi terus menerus. Sehingga kita memiliki Basis Data Terpadu (BDT) yang memang menjadi dasar dalam pengajuan program ke lintas kementerian,” jelas Mian.

 Diantara data yang diinginkan oleh Bupati adalah data terkait kemiskinan daerah. Sehingga ada data yang memang sesuai dengan kondisi daerah tentang angka kemiskinan. Hal ini terkait dengan program-program yang akan diajukan ke pemerintah pusat.

 “Nanti BPS dengan Pemkab BU akan bekerja sama dalam validasi data tersebut. Data harus benar-benar menggambarkan kondisi suatu wilayah, termasuk kemiskinan,” terangnya.

  Seluruh OPD, lanjut Mian,  nantinya akan berkoordinasi dengan desa-desa untuk melakukan validasi data yang diiinginkan.  “Data ini sangat penting dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Makanya saya tekankan agar secara kontinyu melakukan validasi data,” pungkasnya.(qia)

Berita Lainnya

Terima DPD PBB Bengkulu, Danrem Ajak Berbuat Bagi Daerah

      BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Komandan Korem (Danrem) 041 Gamas Brigjen Dr. Achmad Budi …

%d blogger menyukai ini: