Sabtu , 28 Mei 2022
Home / Madrasah / TAUSIYAH: Jangan Lupa Zakat Fitrah

TAUSIYAH: Jangan Lupa Zakat Fitrah

 

Oleh Ustad Arpan
Oleh Ustad Arpan

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

KAUM muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah. Pada saat ini kita telah berada di pengujung bulan Ramadan. Lazimnya  disetiap bulan Ramadan, terutama pada saat – saat akhir Ramadan kita punya suatu kewajiban yang melekat dengan ibadah di bulan Ramadan ini  yaitu zakat fitrah.

Zakat fitrah ini diwajibkan kepada setiap kaum muslimin dan muslimat,besar kecil tua muda, selama kaum muslimin dan muslimat tersebut punya kelebihan dari yang untuk dimakannya pada hari raya idul Fitri.

Tujuan daripada zakat fitrah menurut nama dan istilahnya berarti harta yang dikeluarkan untuk mensucikan manusia agar kembali fitrah (suci). Adapun hikmah nya agar di hari raya idul Fitri semua orang turut merayakan hari raya idul Fitri tanpa ada yang terpaksa meminta minta karena tidak punya sesuatu yang akan dimakan di hari raya.

Zakat fitrah mendidik kita agar menjadi manusia yang peduli terhadap penderitaan orang orang yang tidak mampu.

Dengan melihat bagaimana bahwa zakat fitrah tersebut hanya dapat disebut dengan zakat fitrah, apabila dibayarkan sebelum sholat idul Fitri di mulai, dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa zakat fitrah itu betul-betul diperuntukkan bagi kaum dhuafa dan fakir miskin.

Sebagaimana ditentukan bahwa yang berhak menerima pembagian zakat fitrah adalah hanya kaum dhuafa dan fakir miskin saja.

Adapun besaran zakat fitrah menurut hitungan adalah lebih kurang 2,5 kg makanan pokok suatu wilayah. Di Bengkulu ini lebih kurang 2,5 kg beras atau kurang lebih 10 canting. Atau ada kebijakan seharga beras tersebut.

Semoga kaum muslimin dan muslimat sekalian selalu diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita tergolong hamba hamba Allah yang berbahagia dari dunia sampai ke akhirat nanti.

Amin ya rabbal alamin mohon maaf lahir dan batin wabillahittaufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh. (iks)

Berita Lainnya

Handphone Teman Dijual di Forum Jual Beli, Dua Pemuda Diamankan

Dua sekawan berinisial JD (18) warga Kecamatan Teluk Segara dan PP (19) warga Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu diamankan Satreskrim Polres Bengkulu. Ini lantaran kedua pemuda tersebut sampai hati telah melakukan penggelapan satu unit handphone milik rekannya sendiri.

%d blogger menyukai ini: