Sabtu , 28 Mei 2022
Home / News Update / Masih Ada 1.550 Guru Belum Bersertifikasi

Masih Ada 1.550 Guru Belum Bersertifikasi

Aktivitas belajar mengajar dijalankan guru di kelas. foto: dok rb

 

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mencatat masih ada 1.550 guru jenjang TK, SD hingga SMP di Kabupaten BS belum lolos pendidikan profesi guru (PPG) atau bersertifikasi.

Rinciannya 1.100 guru PNS, dan 450 guru honorer. Jumlah ini sedikit mengalami penambahan dari jumlah tahun lalu, dimana sekitar 1500 guru BS tercacat belum sertifikasi. Kabid PTK Dinas Dikbud BS Amir Syopian M.Pd mengatakan, peluang guru yang belum bersertifikasi masih ada untuk ikut program PPG.

Sebab, rangkaian seleksi PPG perlu persiapan matang dan tidak semua guru bisa langsung berpartisipasi.

BACA JUGA: Sopir dan Guru Ditodong di Jalur Lintas Curup-Lubuklinggau

“Kalau sekarang baru 1.200 an guru yang sudah sertifikasi. Dan jumlah tersebut rutin mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) per triwulannya. Sedangkan sisanya, masih tahap persiapan seleksi PPG dan ada juga yang belum lolos syarat,” kata Amir.

Diteruskan Amir, untuk bisa ikut program PPG. Tentu ada syarat khusus yang harus dipenuhi guru bersangkutan. Mulai dari berijazah minimal S-1, telah mengabdi selama lima tahun, terdaftar di dapodik, punya akun SIMPKB dan memiliki NUPTK. Disamping itu, guru sertifikasi harus ikut pretest PPG terlebih dahulu.

“Memang untuk guru yang belum sertifikasi ini cukup banyak. Padahal peluang dari pusat setiap seleksi PPG itu sangatlah besar. Tinggal lagi, bagaiman setiap guru menyusun strategi agar bisa lolos,” kata Amir.

 

Seleksi PPG

Meski demikian, ia mengaku pihak Disdikbud BS akan terus mendorong para guru yang belum sertifikasi itu untuk bisa lolos PPH. Sebab, dengan disertifikasinya guru akan memberikan dampak baik untuk pendidikan BS. Guru sertifikasi adalah insan pendidik yang terlatih dan punya kualitas sumberdaya yang maksimal.

BACA JUGA: Acara Ngidak Gelamai Ika Semaku Akan Promosikan Budaya Bengkulu

“Sertifikasi itu merupakan sebuah standar kualitas guru. Kalau disertifikasi pusat, artinya kualitas guru ini sudah baik. Tentu dengan berbagai tahapan penilaian dan seleksi yang diberikan,” beber Amir.

Untuk itu, Amir mengimbau para guru yang belum sertifikasi tersebut, untuk bisa gabung dalam seleksi PPG tahun ini. Di mana, seleksi PPG tersebut sudah dimulai dan terbuka untuk seluruh guru yang lengkap syarat.

Pendaftaran dan perlengkapan berkas administrasi langsung melalui laman ppg. kemdikbud.go.id. Setelah itu login dan ikuti prosesnya.

Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

Menggiring Besar Permanen Tahun Ini

  4 Tahun Mangkrak MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Mangkrak sekitar empat tahun, penggantian jembatan menggiring besar …