Sabtu , 28 Mei 2022
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Tengah / Caretaker Benteng Berpeluang di Luar Usulan Gubernur

Caretaker Benteng Berpeluang di Luar Usulan Gubernur

Kantor Bupati Benteng.

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com– Jelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli-Septi Periyadi pada 22 Mei ini, Gubernur Dr. H. Rohidin Mersyah sudah mengusulkan kandidat caretaker
ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun gubernur kembali mengusulkan?

“Kita sudah beberapa menyampaikan nama-nama itu. Bahkan kemarin minta diperbarui untuk nama- nama itu. Ya kita sampaikan lagi. Karena ini evaluasinya menyeluruh dari Mendagri, dan persetujuan Pak Presiden, “ kata Rohidin, Jumat (13/5).

Dalam pengusulan kandidat caretaker Benteng ini, Mendagri Tito Karnavian akan berkonsultasi dengan Presiden RI Joko Widodo. Tentu dengan kajian dari Tim Penilaian Akhir (TPA) memberikan pertimbangan mendalam bagi calon calon caretaker Benteng ini.

“Pembahasan dari Presiden dan TPA dimungkinkan untuk memunculkan nama-nama lain yang tidak diusulkan. Atau bahkan bisa betul-betul dari luar daerah. Karena ini melibatkan stabilitas daerah, ini juga dilibatkan BIN. Usulan gubernur ini sifatnya, merupakan salah satu masukan saja. Jadi memang agak berbeda,” ungkap Rohidin.

Gubernur Bengkulu ke 10 ini menjelaskan di tingkat Pemprov sendiri, pihaknya juga telah melakukan profiling. Melalui kajian secara profil dari masingmasing kandidat.

Melalui biodata kepegawaiannya ini, diambil memang pejabat pejabat yang memiliki kriteria, dari kepangkatan, pengalaman, termasuk kepenguasaan wilayah.

“ Memang secara prosedur seperti itu, sekarang penunjukan ini lebih komprehensif karena jabatannya cukup lama. Kemarin melalui arahan Mendagri, saya langsung konsultasi dengan beliau. Beliau mengatakan, pak gubernur bisa mengusulkan beberapa nama terlebih dahulu.

Kemudian dievaluasi lagi. Jadi ini betul-betul Pak Mendagri yang menentukan. Juga Mendagri akan berkonsultasi dengan pak Presiden, “ imbuhnya.

Sejak awal 2022 ini, banyak bermunculan nama-nama pejabat eselon II yang dijagokan sebagai caretaker Benteng. Terbaru nama kandidat caretaker menguat yakni Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman, S.E., M.Si.

Sebelum dilantik menjadi pejabat eselon II Provinsi Bengkulu, Saidirman sudah sangat lama bertugas di Kabupaten Benteng. Ia pernah menjabat sebagai Kasubag Perencanaan, Kabid, Sekretaris hingga terakhir menjabat sebagai Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Benteng.

Dengan sudah lamanya ia bertugas di Kabupaten Benteng, maka Saidirman sudah mengetahui bagaimana situasi dan kondisi Kabupaten Benteng.

Ini menjadi modal awal sebelum seseorang menjabat sebagai pemimpin di suatu daerah. Nama lainnya ikut mencuat, Kepala Bapedda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, Kadinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni dan Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Ir. Ricky Gunarwan

“Kalau dulu kan gak, hanya melalui menteri saja. Ini nanti akan dibawa ke presiden dan akan rapat Tim penilaian terakhir. Itu akan melibatkan pejabat pejabat lintas sektor di kementrian lembaga,” tutur Rohidin.

Diakuinya Rohidin, jika pemilihan caretaker kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Namun, hal ini dilakukan untuk benar benar memperoleh calon pimpinan daerah yang mumpuni. Untuk memimpin Benteng dua tahun mendatang.

“Dan mereka juga akan melakukan survei ke daerah. Bagaimana mendengarkan respon masyarakat, jadi belum tentu yang diusulkan oleh gubernur itu secara otomatis akan diakomodir dan diterima. Jadi nama nama yang baik itu kita kirim dulu, dan kita ekstrasi lagi, “ jelasnya. (war)

Berita Lainnya

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Mahfud MD Tuliskan Ini

Mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif meninggal dunia. Diketahui tokoh nasional tersebut menghembuskan nafas terakhir, Jumat, 27 Mei 2022. Sekitar pukul 10.15 WIB.

%d blogger menyukai ini: