Jumat , 2 Desember 2022
Home / Metropolis / Bentuk FKW, KAHMI Ciptakan Jurnalis Profesional

Bentuk FKW, KAHMI Ciptakan Jurnalis Profesional

 

 

Kahmi
Safran Terpilih Jadi Ketua FKW KAHMI. Foto: dok rb

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Biro Komunikasi dan Informatika Koprs Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Provinsi Bengkulu, telah membentuk Forum Komunikasi Wartawan (FKW) KAHMI.

Wartawan Metro TV wilayah Bengkulu Safran Ansyori yang juga alumni HMI Komisariat Fisip Universitas Bengkulu, resmi terpilih menjadi Ketua FKW KAHMI Bengkulu.

“Terimakasih atas kepercayaannya dan mohon kerjasama untuk membangun dan menguatkan FKW,” ujar Safran saat terpilih dalam musyawarah dan ngobrol santai yang digelar Biro Komunikasi dan Informatika MW KAHMI Bengkulu, di Bencoolen Coffe, Sabtu (21/5).

Safran mengatakan, FKW ini sebagai wadah wartawan dari alumni HMI. Ke depan semua alumni HMI yang berprofesi sebagai wartawan akan terus dihimpun.

BACA JUGA: Cari Jalan Keluar Terbaik

Agar silahturahmi dan penguatan sebagai wartawan bisa terus dilakukan.

“Selama ini banyak tidak tau alumni HMI yang berprofesi sebagai jurnalis. Kedepan akan terus kita himpun,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Biro Komunikasi dan Informatika MW KAHMI Provinsi Bengkulu, Eko Putra Membara yang juga wartawan Harian Bengkulu Ekspress (BE) ini mengatakan, FKW KAHMI Bengkulu sengaja dibentuk untuk membangun branding, eksistensi dan jejaringan profesi jurnalis dari alumni HMI.

“Tugas besar FKW itu, mempersiapkan calon wartawan yang profesional.

Kemudian menguatkan kapasitas, intelektualitas dan profesionalisme wartawan dari alumni HMI,” tegas Eko yang juga Alumni HMI Komisariat Dehasen Bengkulu.

Di sisi lain, Koordinator Presidium MW KAHMI H Iswayudi meminta FKW bisa menghasilkan profesionalitas, kompetensi dan integritas bagi jurnalis alumni HMI.

Kemudian membangun jaringan dalam membranding KAHMI dan senior alumni HMI dengan pemberitaan mencatumkan Narsumber alumni HMI.

“Kita minta HMI-KAHMI solid dan melalui forum ini bisa membranding KAHMI melalui media dan update isu terkini,” terang Iswahyudi.

Senada, Presidium MW KAHMI yang membina Biro Komunikasi dan Informatika, Zacky Antoni mendukung jurnalis alumni HMI wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Termasuk bisa sharing komunikasi dan diskusi dengan senior HMI.

“Kita dukung dengan forum ini, nantinya kita kembangkan lagi dengan berdiskusi rutin juga mengundang senior HMI yang ada di birokrat atau di akademisi dan lainnya,” pungkas Zacky yang juga Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, hasil diskusi ini juga merekomendasikan beberapa agenda terkait jurnalis.

Seperti mendorong pembentukan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) di HMI. Baik tingkat komisariat hingga ke HMI Cabang.

Kemudian menggerakkan kader HMI, untuk bisa mengenal jurnalis dengan melakukan pelatihan di tingkat komisariat dan MD KAHMI.

Memasukkan menteri dalam LK 1 tentang jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik tingkat SMA/SMK oleh FKW dengan mendatangkan pemateri profesional.

BACA JUGA: Dapat KTA, Gubernur Rohidin Anggota Kehormatan PP

Diskusi di pimpin oleh Koordinator Presidium MW KAHMI Bengkulu Iswayudi, yang dihadiri Zacky Antoni, Fahmi Lubis Presidium MW KAHMI Bengkulu.

Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

Program Bunda Literasi Ikut Mendorong Pengembangan Dan Peningkatan Literasi

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Pemerintah daerah bersama berbagai pihak terkait harus terus berinovasi dan berkreasi …