Jumat , 2 Desember 2022
Home / News Update / Ngaben Massal di Bengkulu Utara

Ngaben Massal di Bengkulu Utara

NGABEN
Warga Hindu Bali di BU melakukan ritual persiapan upacara Ngaben massal, Selasa (24/5).

 

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Setelah dua tahun tidak bisa melakukan kegiatan keramaian  akibat pandemi Covid-19,  (24/5) masyarakat Hindu Bali yang tergabung dalam Parisada Hindu Bali Indonesia (PHDI) Bengkulu Utara (BU) menggelar ngaben massal yang terpusat di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung Arga Makmur.

Sebanyak 22 keluarga mengikuti acara ngaben massal ini. Ngaben dilakukan dengan upacara sakral. Penyuluh Agama Hindu BU, Putu Juwitama menuturkan upacara ngaben ini merupakan upacara atau ritual yang dilakukan untuk mengembalikan roh keluarga ke tempat asalnya.

BACA JUGA: Potong Gigi Hingga Ngaben Massal  di Bengkulu Utara

Ngaben ini bisa dilakukan mandiri maupun secara berkelompok atau massal.

“Namun jika dilakukan mandiri tentunya membutuhkan biaya yang besar. Maka kita sangat mendukung PHDI BU melakukan ngaben massal yang tidak hanya diikuti oleh warga BU, melainkan juga warga kabupaten lain,” kata Putu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata yang juga Sekretaris PHDI BU Nyoman Karwiyanto mengatakan kegiatan ngaben massal dilakukan lebih dulu dengan upacara dan ritual sakral.

Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan melakukan ngaben.

“Ada 22 keluarga yang mengikuti acara ngaben massal. Meskipun dilakukan secara massal, namun tidak menghilangkan runtutan upacara sakral.

Yang wajib dilakukan yang memang harus dilakukan dalam kegiatan ngaben,” jelasnya.

BACA JUGA: Cabang Syarhil Quran, Peserta Banyak Lupa

Kegiatan ngaben ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di BU. Selain ada kegiatan pawai ogoh – ogoh yang merupakan kegiatan keagamaan umat Hindu di BU yang menjadi destinasi wisata bagi masyarakat di BU.

“Ke depannya PHDI akan mengagendakan rutin kegiatan ngaben massal bagi umat Hindu Bali. Kita juga memiliki tempat ngaben khusus lokasi pelaksanaan acara,” pungkas Nyoman. (qia)

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …