Jumat , 2 Desember 2022
Home / News Update / Arti dan Ketentuan Kode Pelat Kendaraan Dinas RFH, RFS, RFP dan RFQ

Arti dan Ketentuan Kode Pelat Kendaraan Dinas RFH, RFS, RFP dan RFQ

pelat mobil
Xtrail berpelat RFH yang belakangan viral karena video pemukulan di tol Tebet arah Cawang baru-baru ini. Kenali arti kode kendaraan dinas atau instansi–Humas Polri

 

 

PELAT mobil RFH belakangan trending dari video viral pemukulan yang terjadi di ruas tol dalam kota, Tebet arah Cawang, Sabtu 4 Juni 2022. Pelat RFH sendiri diketahui sebagai pelat kode khusus yang menandakan pemiliknya bekerja di instansi atau suatu badan tertentu.

Apa Itu Plat RF?

Plat nomor polisi dengan kode RF di bagian belakang dengan fungsi khusus diawali dengan dua atau tiga rangkaian digit angka. Rangkaian angka tersebut menandakan bahwa pemiliknya bekerja di sebuah instansi atau badan tertentu. Huruf RF sendiri merupakan singkatan dari “Reformasi”

Ada beberapa macam variasi dari plat nomor RF ini, ditandai dengan huruf terakhir yang mengikutinya. Jadi, ada tiga huruf pada TNKB khusus tersebut. Kode huruf terakhir pada plat ini mewakili instansi  berbeda, tergantung dengan afiliasi si pemilik kendaraan.

BACA JUGA: Lemari Es atau Kulkas? Ini 3 Definisi Menurut KBBI

Berikut macam variasi plat nomor RF serta penjelasannya:

RFS, adalah singkatan dari “Reformasi “Sekretariat Negara”. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan yang dimiliki oleh pejabat sipil negara.

Lebih jelasnya, plat nomor RFS berfungsi untuk menandai kendaraan pejabat negara eselon I (setingkat Direktur Jenderal dalam kementerian).

RFO, RFH, dan RFQ, diberikan kepada kendaraan milik pejabat negara eselon II (setingkat Direktur di kementerian). Untuk kode RFH sendiri memiliki kepanjangan “Reformasi Hukum”, biasanya untuk kendaraan milik petinggi Departemen Pertahanan dan Keamanan.

BACA JUGA: Tarif Naik Borobudur Picu Kontroversi, Astindo Jateng Beri Penjelasan

RFP, merupakan singkatan dari “Reformasi Polisi”. Kode plat ini diberikan kepada kendaraan milik pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI).

RFD, memiliki kepanjangan “Reformasi Darat”. Kendaraan yang memiliki kode TNKB ini dimiliki oleh pejabat TNI Angkatan Darat (AD).

RFL, yang berarti “Reformasi Laut”. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan milik pejabat TNI Angkatan Laut (AL)

RFU, yaitu singkatan dari “Reformasi Udara”.

Seperti kode RF sebelumnya, kode TNKB ini diberikan kepada kendaraan milik pejabat TNI Angkatan Udara (AU)

Peraturan Seputar Plat RF 

Prioritas Penggunaan Jalan

Meskipun berbeda dengan kendaraan lain, bukan berarti kendaraan berplat nomor khusus ini selalu mendapatkan perlakuan yang istimewa di jalan raya. Pengemudi kendaraan ini juga harus mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …