Kamis , 7 Juli 2022
Home / News Update / Galungan di Bengkulu Utara

Galungan di Bengkulu Utara

Masyarakat Hindu di BU merayakan hari raya Galungan, Rabu (8/6).FOTO: SHANDY/RBOnline

 

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Masyarakat Hindu-Bali di Bengkulu Utara (BU), (8/6) merayakan hari Raya Galungan. Perayaan dilakukan di Pura Dharma Yatra di Desa Rama Agung, Kota Arga Makmur yang merupakan pura terbesar di BU.

Persembahyangan dilakukan dengan khidmat di Pura Dharma Yatra sejak pagi.

Hari Raya Galungan, merupakan hari raya besar bagi Umat Hindu Bali yang merupakan hari merayakan menangnya Dharma atau kebenaran maupun kebaikan dengan keburukan atau Adharma.

BACA JUGA: Belanja Makan Minum di Setwan dan Pajak Dewan jadi Temuan BPK

Ketua Adat Hindu-Bali Desa Rama Agung, Gede Rumania menuturkan hari raya Galungan adalah hari raya yang sangat penting bagi umat Hindu-Bali. Galungan adalah momentum umat Hindu mengingat baik secara spiritual maupun ritual agar selalu melawan Adharma dan menegakkan Dharma.

“Sehingga bisa disimpulkan jika Galungan adalah kekuatan rohani agar umat Hindu mendapat pendirian serta pikiran yang terang yang merupakan wujud Dharma dalam diri Manusia,” ujar Gede.

Sementara itu, masyarakat Hindu di BU juga mendoakan warga BU agar makin sejahtera. Mereka juga mendoakan agar BU bisa jauh dari segala bencana yang bisa menyengsarakan masyarakat. “Kita berdoa agar BU bisa jauh dari segala bentuk bencana,” kata Gede.
Doakan Pembangunan

Sekretaris Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) BU, Nyoman Karwiyanto menjelaskan masyarakat Hindu – Bali di BU juga mendoakan agar pembangunan di BU bisa berjalan semakin pesat lagi.

Mereka juga siap mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pembangunan.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Benteng-RB Siap Sinergitas Program

“Kita bahkan berharap pandemi Covid-19 benar – benar berakhir, sehingga pemerintah bisa lebih leluasa lagi melakukan pembangunan. Kami siap mendukung program-program pemerintah dalam melakukan pembangunan,” ujar Nyoman.

Dalam perayaan Galungan, masyarakat sudah lebih leluasa dalam melakukan ibadah persembahyangan. Bahkan Pura terlihat ramai setelah selama ini selalu dibatasi lantaran Covid-19.

Bahkan kemeriahan Hari Raya Galungan juga tercermin di Desa Rama Agung dimana dipasang penjor atau tiang janur di rumah – rumah masyarakat Hindu. (qia)

Simak Video Berita

Berita Lainnya

Perjaka, Program Kemanusiaan Iptu Nyarna untuk 66 Lansia

Keberadaan panti jompo yang telah merawat para lansia di usia senja mereka dengan sangat baik perlu adanya dukungan dan apresiasi.

%d blogger menyukai ini: