Selasa , 27 September 2022
Home / Madrasah / Ikhlas dalam Bersedekah

Ikhlas dalam Bersedekah

tauiyah Sunggel Ais
Sunggel Ais

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Tahukah sahabat, sedekah dapat menambah keberkahan rezeki yang ada dan mengundang rezeki yang tidak ada. Seperti Janji Allah Swt dalam QS. Al-Baqarah:261. Dalam ayat tersebut, Allah akan melipat gandakan bagi siapa pun yang dikehendaki-Nya.

Arti ayat ini adalah perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji.

Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah mahaluas lagi Maha Mengetahui.Tidak usah menghitung keuntungan sedekah dengan rumus matematika seperti kita menghitung hasil keuntungan perdagangan atau penjualan barang.Lakukan dengan ikhlas, dan lupakan kebaikan yang lakukan.

Insya Allah! rezeki akan terus mengalir, bahkan dari jalan yang tak pernah kita sangka-sangka. Arti ikhlas adalah melalukan sesuatu karena Allah. Dalam islam melakukan sesuatu perbuatan tidak akan diterima jika tidak ikhlas.

Benarkah, ikhlas itu sangat mudah diucapkan, namun sangat sulit dilakukan? Ikhlas merupakan amalan hati yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan dilakukan secara terus-menerus, baik ketika hendak beramal, sedang beramal, maupun ketika sudah beramal. Mengapa ikhlas sangat penting? Karena supaya amalan yang dilakukan bernilai di hadapan Allah Swt.

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya, setiap amal perbuatan tergantung dari niatnya. Dan sesungguhnya, setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR Al-Bukhari dan Muslim). Sederhananya, ikhlas adalah suatu sikap untuk merelakan sesuatu yang kita anggap paling baik dengan harapan mendapatkan ridha dari Allah SWT. (iks)

Berita Lainnya

PS Persiman Seleksi Pemain Lokal, Jelang Liga 3

  MANNA, RAKYATBENGKULU.COM  – PS Persiman bersiap menuju liga 3 regional Provinsi Bengkulu. Seleksi pemain mulai …

%d blogger menyukai ini: