Minggu , 25 September 2022
Home / Bengkulu Raya / Kaur / Tak Ada Kompromi, Mobil Berisi 20 Ekor Kambing Diminta Putar Balik, Tujuan Ipuh

Tak Ada Kompromi, Mobil Berisi 20 Ekor Kambing Diminta Putar Balik, Tujuan Ipuh

Mobil yang mengangkut hewan ternak tujuan Ipuh Kabupaten Mukomuko harus putar balik karena tidak memiliki dokumen pendukung. FOTO: IST/RBONLINE

 

KAUR, rakyatbengkulu.com – Masih saja ditemui mobil pengangkut hewan ternak yang dibawa dari Provinsi Lampung tidak dilengkapi dengan dokumen pendukung.

Mobil yang akan melintas Kabupaten Kaur tersebut terpaksa harus putar balik karena tidak diizinkan masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu.

“Tidak ada negoisasi, ketika tidak ada dokumen lengkap, kendaraan kita paksa harus putar balik. Diantaranya ada 3 kendaraan pengangkut kambing tujuan Ipuh Kabupaten Mukomuko yang tidak dilengkapi dokumen.

Ada sekitar 20 ekor kambing yang dibawa,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, drh Rakhmad Fajar yang menjadi penanggungjawab Pos Pemantauan Penyakit Mulut Kuku (PMK).

BACA JUGA: Panik PMK, Lima Mobil Diperintahkan Pulang

Rakhmad mengatakan prosedural harus terus dijalankan. Mulai dari adanya rekomendasi dari provinsi tujuan, izin keluar dari provinsi asal ternak, dan surat keterangan kesehatan hewan dari asal ternak.

Operasi cek poin dilakukan sejak 27 Mei lalu oleh Dinas Pertanian dengan pihak terkait termasuk tim dari Polres Kaur.

Meskipun sampai kini belum menemukan kasus PMK pada ternak di wilayah Kabupaten Kaur, namun cek poin tetap berjalan hingga beberapa bulan ke depan.

Untuk mencegah adanya ternak yang terjangkit PMK, penjagaan di cek poin di perbatasan BengkuluLampung dilakukan selama 24 jam.

BACA JUGA: Di Tingkat Petani, Cabai Merah sudah Rp 60 Ribu per Kg

“Menurut pantauan kami rata-rata ternak yang masuk dari Lampung ini masih tetap tujuan utamanya ke Kota bengkulu, Manna (Bengkulu Selatan), Mukomuko dan Bengkulu Utara,” terang Rakhmad. (pir)

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

PS Persiman Seleksi Pemain Lokal, Jelang Liga 3

  MANNA, RAKYATBENGKULU.COM  – PS Persiman bersiap menuju liga 3 regional Provinsi Bengkulu. Seleksi pemain mulai …

%d blogger menyukai ini: