Selasa , 27 September 2022
Home / Bengkulu Raya / Minat jadi Anggota Bawaslu? Pelajari Syarat Lengkapnya

Minat jadi Anggota Bawaslu? Pelajari Syarat Lengkapnya

Seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu dibuka

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Tim Seleksi Anggota Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu telah membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi untuk masa jabatan 2022-2027, (13/6).

Bagi yang mendaftar, langsung mengantarkan berkas ke Sekretariat Timsel Bawaslu yang berada di Hotel Madeline Kota Bengkulu.

Timsel Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, juga sudah menyampaikan persyaratan jika ingin maju mencalonkan diri sebagai komisioner Bawaslu Provinsi.

BACA JUGA: Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Dibuka, Syarat Lengkap Cek Link Ini

Salah satunya di poin mundur dari jabatan pemerintahan.

Seperti pada poin sepuluh

“Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon,”.

Ketua Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu Drs. Heri Supriyanto, M.Si mengatakan, pembukaan pendaftaran sudah dimulai bagi yang ingin mendaftar langsung antar berkas ke Sekretariat Timsel Bawaslu.

Pendaftaran menerapkan sistem pengantaran berkas langsung.

Dalam pengantaran langsung boleh diwakilkan dengan syarat memiliki surat kuasa yang bertanda tangan di atas materai 10 ribu.

“Hari ini (Senin) sudah dibuka pendaftarannya hingga tanggal 21 bulan ini (Juni,red) dan untuk pemberkasannya dimulai  tanggal 22 Juni hingga 30 Juni 2022,” ujarnya saat mengelar konfersi pers.

Sementara itu Anggota Timsel Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Dr. M.Yamani, S.H., M.Hum menjelaskan, proses seleksi terdapat  sistem Computer Assisted Test (CAT).

Essay tertulis dengan bobot nilai kedua ujian tersebut sebesar 60 persen.

Soal disediakan dari Bawaslu RI Pusat.

“Nantinya akan ada ujian tes pilihan ganda CAT, dan essay yang memiliki bobot 60 persen penilaian,” terangnya.

Selain itu Yamani juga menyampaikan setelah itu akan ada proses seleksi psikotes, untuk seluruh proses lanjutan setelah pemberkasan akan dijadwalkan nanti sampai saat final.

BACA JUGA: Napi Pengendali Bisnis Narkoba Kembali Dituntut 12 Tahun Penjara

“Sampai detik ini tiga orang yang akan dipilih. Kita masih menunggu keputusan dari pusat,” tutupnya. (eng)

Grafis Persyaratan Calon Bawaslu.
  1. Persyaratan calon.
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 35 tahun.
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  4. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil.
  5. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu.
  6. Berpendidikan paling rendah S1 (Strata Satu).
  7. Berdomisili di wilayah Provinsi Bengkulu dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  8. Sehat secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotik.
  9. Mengundurkan diri dan keanggotaan partai politik sekurang kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon.
  10. Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon.
  11. Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi anggota Bawaslu Provinsi.
  12. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.
  13. Bersedia bekerja penuh waktu.
  14. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.
  15. Melampirkan surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah pada saat mendaftar bagi yang menjabat.
  16. Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.
  17. Mendapat surat izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan mengikuti seleksi.
  18. Bersedia diberhentikan sementara sebagai Pegawai Negeri Sipil bagi Pegawai Negeri Sipil.

Baca Selanjutnya>>>

Berita Lainnya

JCH Selesai Ibadah Umrah

    BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Jemaah Calon Haji (JCH) Bengkulu mulai (20/6) pukul 00.30 Arabia …