Jumat , 3 Februari 2023
Home / News Update / Mantan Kades Gugat Bupati ke PTUN

Mantan Kades Gugat Bupati ke PTUN

Ilustrasi PTUN

 

SELUMA, rakyatbengkulucom – Polemik pemberhentian Kepala Desa Padang Kelapo Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) On Zaidi, sampai saat ini belum berakhir.

Mantan Kades Pandang Kelapo ini mencari keadilan, dengan  menggugat SK pemberhentiannya yang dikeluarkan Bupati Seluma ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

BACA JUGA: Tolak Hasil Musorprovlub KONI Bengkulu, Layangkan Gugatan ke PTUN

On Zaidi mengatakan, saat ini proses persidangan yang dijalaninya di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu sudah berjalan 2 kali sidang.

“Saat ini saya dan perangkat desa saya sedang berupaya mencari keadilan ke PTUN, sampai saat ini saya sudah dua kali sidang,” ungkap On Zaidi.

Sementara itu, untuk perangkat desanya yang dinonaktifkan telah mengajukan gugatan eksekusi atas putusan PTUN.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya perangkat desa yang dinonaktifkan, agar putusan PTUN tersebut dapat segera dilaksanakan eksekusi.

“Untuk perangkat desa yang dinonaktifkan itu sudah memasukan gugatan eksekusi, supaya putusan PTUN sebelumnya dapat segera dilaksanakan,” terangnya.

Kendati polemik dualisme perangkat desa masih berlanjut proses hukumnya.

Namun roda pemerintahan di Desa Padang Kelapo tetap berjalan, setelah jabatan Kepala Desa  Padang Kelapo diisi seorang Pjs Kades yang ditunjuk oleh Pemkab Seluma, dan mengaktifkan kembali perangkat desa yang lama.

BACA JUGA: Knalpot Racing Disita, Lalu Dihancurkan

Sebelumnya, Kuasa Hukum Mantan Kades Padang Kelapo, Hartanto mengatakan, dalam memberhentikan kliennya diduga bupati melanggar sejumlah aturan.

Ia menjelaskan, kliennya menjalankan hasil PTUN yang memenangkan perangkat desa baru, malah bupati memberhentikan kades.

Kemudian, pemberhentian juga tidak prosedural menggunakan SP terlebih dahulu sehingga bupati diduga melampaui kewenangan.

“Tugas bupati menjalankan perundang-undangan dengan lurus dan benar,” sampainya.

Sementara itu Kabag Hukum Pemkab Seluma Nurpadlya, SH saat dikonfirmasi terkait hal ini belum merespon. (juu)

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …