Minggu , 25 September 2022
Home / Bengkulu Raya / Curup Pos / WASPADA! 50 Sapi Dilapor Terserang PMK

WASPADA! 50 Sapi Dilapor Terserang PMK

Petugas memberikan vaksinasi untuk ternak sapi. foto: dok rb

 

rakyatbengkulu.com – Wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) akhirnya menyerang hewan ternak di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Bahkan hingga, 16/6) setidaknya sudah ada 50 ekor sapi  dilaporkan terserang wabah PMK.

Meskipun memang, belum ada laporan hewan ternak sapi yang mati diserang PMK, untuk antisipasi meluasnya wabah, Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) sudah mengambil sampel tiga ekor sapidiserang dan memang dinyatakan terinfeksi PMK.

BACA JUGA: Kecolongan! PMK Masuk juga ke Bengkulu, Terdeteksi di Kepahiang

‘’Beberapa waktu lalu, kita sudah melakukan uji sampel PCR terhadap tiga ekor ternak sapi ke Balai Veteriner Lampung. Karena memang gejala dan ciri – cirinya terindikasi wabah PMK. Hasil PCR memang ketiga sapi tersebut dinyatakan terinfeksi wabah PMK,’’ sampai Kepala DPP Kabupaten RL Ir. Zulkarnain, MT.

Dijelaskan Zulkarnain, jumlah ternak yang terinfeksi PMK diperkirakan akan terus meningkat. Karena memang penyebaran cukup cepat, khususnya ternak yang berada dalam satu kandang.

Sebagai langkah antisipasi, mereka akan melakukan pemeriksaan lalulintas ternak oleh Satgas PMK yang sudah dibentuk sebelumnya.

BACA JUGA: Diskop UKM Bengkulu Apresiasi Produk UMKM Bengkulu di HIPMI EXPO

‘’Sejauh ini belum ada laporan serangan PMK yang hingga menimbulkan kematian hewan ternak. Namun begitu upaya lain selain pemeriksaan lalu lintas hewan ternak, juga sudah dilakukan pengobatan kepada ternak yang terinfeksi sesuai dengan SOP yang berlaku.

Kemudian melakukan karantina ternak yang terinfeksi dan penyemprotan kandang dengan disinfektan. Serta memberikan edukasi kepada peternak guna menjaga kebersihan kandang maupun langkah – langkah yang bisa dilakukan dalam penanganannya,’’ imbuh Zulkarnain. (dtk)

Simak Video Berita 

 

Berita Lainnya

PS Persiman Seleksi Pemain Lokal, Jelang Liga 3

  MANNA, RAKYATBENGKULU.COM  – PS Persiman bersiap menuju liga 3 regional Provinsi Bengkulu. Seleksi pemain mulai …

%d blogger menyukai ini: