Selasa , 4 Oktober 2022
Home / Madrasah / TAUSIYAH: 3 Cara Hadapi Ujian Hidup

TAUSIYAH: 3 Cara Hadapi Ujian Hidup

Airin Rais

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Bumi yang kita tempati adalah planet yang selalu berputar, ada siang ada malam, ada suka ada suka, ada senyum dan tangis, kadang kala dipuji tapi pada suatu saat kita dicaci, jangan harapkan ada keabadian dalam perjalanan hidup.

Oleh sebab itu agar tidak terombang  -ambing dan tetap tegar dalam menghadapi segala kemungkinan tantangan hidup, kita harus memiliki pegangan dan amalan dalam hidup.

Tiga amalan baik tersebut adalah Istiqomah, Istikharah dan Istighfar. Istiqomah, yaitu kokoh dalam aqidah dan konsisten dalam beribadah.

“Dari Abi Sufyan bin Abdullah RA ia berkata. Aku telah berkata kepada Rasulullah SAW : Wahai Rasulullah katakanlah kepada ku pesan dalam Islam sehingga aku tidak perlu bertanya kepada orang lain selain engkau. Nabi menjawab : “Katakanlah aku telah beriman kepada Allah kemudian beristiqomahlah”. (HR. Muslim)

Orang yang Istiqomah selalu kokoh dalam aqidah dan tidak goyah keimanannya dalam menghadapi tantangan hidup, sekalipun dihadapi dengan bebagai macam persoalan hidup yang sulit ibadah tidak redup, kantong tebal atau kering tetap memperhatikan halal dan haram, dicaci atau dipuji sujud pantang berhenti, meskipun ia memiliki fasilitas kenikmatan ia tidak tergoda untuk melakukan kemaksiatan.

Istikharah, yaitu selalu memohon petunjuk Allah dalam setiap langkah dan penuh pertimbangan dalam setiap keputusan Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Tidak akan rugi orang yang beristikharah, tidak akan rugi dan kecewa orang yang bermusyawarah dan tidak akan miskin orang yang suka bersedekah” (HR. Thabrani dari Anas).

Kita melakuksn istikharah dalam segala langkah kita agar kita benar-benar bertindak secara benar sehingga tidak menimbulkan kekecewaan.

Istighfar, yaitu selalu instrospeksi diri dan memohon ampunan kepada Allah Raabbul Izzati. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, setiap kesalahan dan dosa sebenarnya penyakit yang merusak kehidupan kita. (fiz)

Berita Lainnya

PS Persiman Seleksi Pemain Lokal, Jelang Liga 3

  MANNA, RAKYATBENGKULU.COM  – PS Persiman bersiap menuju liga 3 regional Provinsi Bengkulu. Seleksi pemain mulai …

%d blogger menyukai ini: