Selasa , 4 Oktober 2022
Home / Berita Utama / Harga Sawit Kini: Makin Terpuruk, Rp 750/Kg di Pabrik

Harga Sawit Kini: Makin Terpuruk, Rp 750/Kg di Pabrik

Meski harga tandan buah segar kelapa sawit terus turun, penjualan TBS ke pabrik tetap banyak. foto: peri/rbonline

 

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Dua pabrik kelapa sawit (PKS) di Mukomuko, membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masyarakat sangat rendah. Hanya Rp 750/kilogram (Kg) di PKS PT. Usaha Sawit Mandiri (USM), dan ini menjadi harga terendah di Kabupaten Mukomuko, (23/6).

Lalu diharga Rp 990/Kg di PKS PT. Bumi Mentari Karya (BMK). Padahal di dua PKS ini sempat terkenal sebagai PKS pembeli TBS kelapa sawit tertinggi dari total 11 PKS yang beropetasi di Kabupaten Mukomuko.

Kemudian PKS lain yang beli TBS kelapa sawit di bawah harga Rp 1.000/Kg, yakni PT. Karya Sawitindo Mas (KSM) di harga Rp 950/Kg dan PT. Muko Muko Indah Lestari (MMIL) Rp 970/Kg dan PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Rp 770/Kg.

BACA JUGA: Selamat Ultah Presiden, “Pak Jokowi Harga Sawit Murah Sekali”

Tertinggi harga TBS kelapa sawit di Mukomuko hanya di PKS PT. Karya Agro Sawitindo (KAS) Rp 1.050/Kg. Lainnya, di PKS PT. Surya Andalan Primatama (SAP) hanya Rp 1.000/Kg, PKS PT. Daria Dharma Pratama (DDP) juga Rp 1.000/Kg dan di PKS PT. Gajah Sakti Sawit (GSS) hanya Rp 1.020/Kg.

Padahal informasinya, penetapan harga TBS kelapa sawit oleh tim Provinsi sebesar 1.942/Kg.

“Harga TBS di Mukomuko terus menerus turun. Informasi yang kami peroleh dari pihak pabrik, bahwa pabrik masih kesulitan menjual CPO,” kata Pejabat Fungsional Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Mukomuko, Sudianto.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setdakab Mukomuko, Yuli Yarman, S.TP, M.Ec.Dev mengatakan, Pemkab menyayangkan kondisi demikian.

BACA JUGA: Upaya Pemerintah Tangani Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak

Dan menanggapi terus anjloknya harga sawit di Mukomuko, pihaknya berencana akan kembali turun ke pabrik – pabrik. Untuk mencari tahu penyebab pasti perusahaan membeli TBS kelapa sawit masyarakat dengan harga sangat murah.

Tunggu Petunjuk

“Kalau kami sudah siap untuk turun. Tinggal tunggu petunjuk dari pak Bupati. Yang jelasnya, Pemkab Mukomuko tidak akan tinggal diam melihat kondisi ini. Makanya kami harus tahu dulu sebenarnya apa penyebabnya,” kata Yuli.

Mengenai pabrik diduga tidak mematuhi ketentuan harga TBS yang ditetapkan provinsi, pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Sebab terkait hal tersebut, menjadi kewenangan provinsi. Termasuk mengenai sanksi bagi perusahaan yang tidak mematuhi ketetapan dari provinsi.

BACA JUGA: Oknum Polisi Berpangkat AKP Digerebek Warga, Diduga Berduaan dengan Istri Rekannya

“Kalau tugas kami itu hanya menyampaikan ke provinsi apa yang terjadi di Mukomuko, mengenai masalah harga TBS kelapa sawit ini. Mengenai ada sanksi atau tidaknya, itu kewenangan provinsi,” pungkasnya. (hue)

Simak Video Berita 

Berita Lainnya

Ketua Umum

  POLITIK begitu cair belakangan ini. Manuver begitu dinamis. Pemilu kian dekat –untuk ukuran politik. …

%d blogger menyukai ini: